MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Artikel

Macam-Macam Kunci Bengkel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod
tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,
quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo
consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse
cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non
proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum.
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod
tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam,
quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo
consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse
cillum dolore eu fugiat nulla pariatur.

1. Kunci Pas 

Salah satu Macam Macam Kunci Bengkel dan Fungsinya yaitu kunci pas. Kunci ini merupakan sebuah kunci yang memiliki bentuk setengah segi enam. Kunci Pas memiliki ukuran besaran sudut ujung yang bervariasi. Anda dapat menemukan kunci pas yang berukuran 6 mm hingga 36 mm. Setiap kunci pas juga akan memiliki diameter yang berbeda, misalnya ujung kanan 11 mm, ujung kiri 10 mm. Fungsi dari Kunci Pas yaitu untuk mengencangkan atau membuka baut / mur pada mesin atau benda kerja lainnya. Kelebihan dari kunci ini untuk mengendurkan baut dari sisi yang tidak dapat dicapai oleh kunci shock atau kunci ring.


2. Kunci Ring

Kunci Ring berbentuk heksagonal di bagian rahangnya. Fungsi dari kunci ring yaitu untuk menjangkau bagian yang sempit. Daya cengkeram dari kunci ring lebih kuat dibanding kunci ring karena desain rahang mengikuti baut konstruksi. Fungsi dari key ring hampir sama seperti kunci pas. Hanya saja kunci ring lebih sering digunakan untuk mengencangkan atau membuka baut / mur dengan kekuatan maksimal. Karena kunci ring memiliki gagang yang lebih panjang dibanding kunci pas yang membuat kunci memiliki gaya yang lebih besar .


3. Kunci Kombinasi Ring Pas 

Kunci kombinasi ring merupakan kombinasi dari dua kunci sekaligus kunci pas dan kunci ring. Salah satu sisi kunci kombinasi ini berkepala kunci ring dan sisi lain yaitu kunci pas. Masing-masing sisi ini memiliki ukuran yang sama dan berfungsi untuk melepas dan mengendurkan baut. Kunci pas ring pada umumnya digunakan untuk pertama kali mengendurkan yang kemudian bisa digunakan untuk melepas agar lebih cepcat. Ketika mengencangkan baut, maka dapat menggunakan kunci ring.


4. Kunci Pipa 

Kunci pipa merupakan kunci yang berfungsi untuk melepas dan memutus pipa dari sambungan ulir. Kunci pipa juga berguna untuk menggenggam benda-benda yang mempunyai bentuk silinder. Tidak hanya itu kunci pipa juga digunakan untuk melepas mur pada shock dimanah tidak memungkinkan menggunakan kunci pas.


5. Kunci Busi 

Kunci Busi memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda-beda karena dibuat khusus untuk setiap kendaraan. Kunci ini sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna agar tidak mengeluarkan banyak tenaga ketika mengencangkan busi dengan sangat kuat. Sehingga ulir pada lubang busi dan kepalanya pun akan aman karena tidak tertekan tekanan yang terlalu kuat ketika proses pengencangan. Kunci berfungsi untuk memperbaiki, mengencangkan, mengendurkan dan melepaskan kendaraan.


6. Kunci Roda 

Kunci roda berfungsi untuk menginstal dan melepas mur pada roda. Kunci ini biasanya memiliki 3 atau 4 jung soket yang memiliki ukuran berbeda-beda. Kunci roda dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan roda kendaraan. Mur roda biasanya berukuran 16 mm, 19 mm dan 21 mm.


7. Kunci Shock / Sok

Kunci Shock atau Sok mirip dengan kunci yang berfungsi untuk melepas dan memutus baut / mur. Kunci ini mampu menjangkau baut / mur yang ditempatkan dalam dimanah tidak bisa dicapai oleh kunci pas. Selain itu, batang soket juga dapat diganti-ganti dengan lokas pelepasan atau pengencangan. Snap yang ada pada penghubungnya yang fleksibel yang mampu membantu Anda dalam mengganti dengan mudah. Satu ujung soket memiliki dudukan bujur sangkar. Tempat soket pada batang maka bola berpegas soket akan berada pada soket ke dudukan.


8. Kunci Inggris

Kunci berfungsi mengubah inggris untuk memotong dan melepas baut / mur terutama ketika usaha atau melepasnya tidak dapat mengaktifkan dengan kunci ring atau kunci pas. Kunci yang satu ini dapat dikatakan sebagai garda terakhir ketika tidak ada ukuran kunci ring dan kunci pas yang sesuai. Cara menggunakan kunci inggris cukup sederhana, yaitu memutar terlebih dahulu, sehingga dapat mengubah ukuran rahang menjadi lebih lebar atau lebih sempit. Kemudian Anda baru dapat menggunakan mur yang dipasang atau dilepas.


9. Kunci L

Diberi nama Kunci L karena bentuk dari kunci ini huruf L. Ukurannya pun beraneka ragam yaitu mulai dari 2 mm hingga 22 mm. Selain itu, Kunci L tersedia dalam dua jenis yaitu kunci L berbentuk segi enam atau heksagonal dan bentuk bintang. Kunci L ini juga disebut sering kunci Allen.


10. Kunci Nepel

Kunci nepel berfungsi untuk mengencangkan dan melepaskan baut pada bagian sambungan pipa yang tidak dapat menggunakan kunci ring maupun kunci shock. Pada umumnya, kunci ini berfungsi untuk membuka pengunci yaitu baut yang ada di pipa. Secara visual, kunci nepel sangat mirip dengan cincin kunci, hanya saja kunci ini memiliki 6 sisi yang terbuka. Misalnya berguna untuk melepas baut pada sambungan injektor line dan pipa rem. Orang sering melepas pipa menggunakan kunci pas, padahal hal tersebut sangat tidak berguna karena dapat merusak kepala baut. Kelebihan dari kunci yaitu sisi-sisinya jauh lebih presisi dibandingkan dengan kunci ring maupun kunci pas


11. Kunci Rachet

Kunci Rachet sebenarnya bagian dari kelengkapan kunci shock dimanah berfungsi untuk memperbaiki atau melepas baut yang dalam keadaan longgar. Menggunakan kunci rachet akan lebih cepat dalam pemasangan dan pelepasan baut / mur karena tidak perlu melepas kunci dari kepala baut / mur. Di dalam kunci rachet terdapat semacam gigi dimanah ketika mengencangkan atau mengendurkan penuh akan membutuhkan momen yang besar dan mempercepat kerusakan rachet. Kunci rachet juga disebut sering erek karena bunyinya erek-erek saat digunakan. Kunci ini juga dapat diatur untuk mengencangkan atau mengendurkan, yaitu dengan mengubah kunci pembalik.



Mengetahui Macam Kunci Bengkel dan Fungsinya akan mempermudah Anda dalam menggunakan secara benar dan tepat. Salah pilih dalam menggunakan kunci yang sesuai pun tidak hanya membuat baut / mur menjadi aus tetapi juga akan rusak.

    Semoga Bermanfaat~

Contact us anytime

Send us
your comments








    EMERGENCY CONTACT

    Free call 24/7
    +1555 6761 020


    HOME VISIT

    Chargeable call 24/7
    +1777 6761 050


    PHONE CONTACT

    Within working hours
    +0800 2336 7811



    Working hours

    MON – WED
    8AM – 7PM
    THU
    8AM – 5PM
    FRI
    8AM – 5PM
    SAT – SUN
    Closed

    CALL US ANYTIME

    0-800-2336-7820


    VISIT US ANYTIME

    27th Avenue
    New York, W2 3XE, US


    BOOK AN APPOINTMENT

    Click here to book an appointment at Medicare.


    Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.