MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Latest news

Classic list

Globally incubate standards compliant channels before scalable benefits. Quickly disseminate superior deliverables whereas web-enabled applications.
bgklseal23.png

Cara Merawat Mobil Di Saat Musim Hujan

1. Gunakan Penutup Kendaraan

Air hujan yang bersifat asam tentu berpotensi merusak lapisan cat mobil. Untuk mencegah hal ini terjadi, pemilik kendaraan bisa menggunakan penutup kendaraan (car cover) agar mobil terlindungi dari tetesan hujan, goresan, atau debu.

2. Parkir Kendaraan di Tempat Kering

Saat musim hujan, hindari memarkir kendaraan di tempat yang lembab. Apalagi jika sirkulasi udara tidak lancar. Tingginya kadar kelembaban dan asam dapat menyebabkan karat pada bagian bodi kendaraan yang bisa merusak cat mobil serta menimbulkan jamur pada kaca.

3. Jaga Kebersihan dan Kondisi Mobil agar Selalu Kering

Kelembaban, debu, atau lumpur yang mengendap di atas dan bawah karpet kendaraan sangat berpotensi menimbulkan jamur dan karat pada mobil. Oleh karena itu, segera bersihkan karpet dan jaga selalu agar tetap kering.

4. Perhatikan Kondisi Wiper dan Area Kaca

Penggunaan wiper dapat membantu pandangan pengemudi saat kondisi hujan agar dapat menyetir lebih aman. Untuk itu, wiper dan kaca mobil pun perlu dirawat secara tepat dengan rutin mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Apabila karet wiper sudah keras dan mulai berdecit segera cek dan lakukan penggantian.

5. Periksa Kondisi Kendaraan untuk Menjaga Performa Mesin dan Kelistrikan

Performa mesin dan kelistrikan juga menjadi hal utama yang perlu diperhatikan saat musim hujan, sehingga penting bagi pemilik kendaraan untuk rutin melakukan perawatan berkala sesuai anjuran pada buku petunjuk.

6. Jangan Melewati Genangan Air yang Dalam.

Saat kendaraan melaju, dianjurkan agar pengendara menghindari jalanan yang ketinggian genangan airnya tidak dapat diprediksi. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada mesin karena air genangan berpotensi terhisap ke dalam mesin, sehingga menimbulkan kerusakan.

7. Jangan Hidupkan Mesin Saat Kendaraan Terendam Banjir

Apabila sudah terendam banjir, hindari menghidupkan mesin karena hal tersebut justru akan memperparah kerusakan mobil.

 

Semoga Bermanfaat,


bgklseal22.png

Aksesoris Mobil Ini Sangat Bermanfaat Saat Musim Hujan

Talang Air
Aksesori mobil yang satu ini disebut juga door visor. Alat ini sangat bermanfaat kala musim hujan, sebab dapat menahan air hujan masuk ke dalam jendela saat dibuka sesaat dan sedikit.
Membuka kaca jendela saat hujan memang kerap terjadi. Sebab, bukan tak mungkin kaca mobil berembun meski sudah menggunakan AC. Hal ini karena kabin mobil sangat dingin.
Oleh karena itu, cara ampuh untuk menghilangkan embun di dalam kabin yaitu sedikit membuka kaca jendela.

Pelindung Lumpur
Aksesori yang disebut mudguard ini biasanya terletak dekat kaki-kaki atau ban mobil. Dibalut dengan bahan warna hitam, alat berbahan karet ini mampu melindungi bagian bodi dari cipratan kotoran dan lumpur saat genangan air.
Nah, jika menggunakan aksesori ini tentunya membuat kotoran tidak langsung menempel ke bodi mobil.

Karpet
Salah satu aksesori yang bermanfaat saat musim hujan adalah karpet. Tentu saja, penggunaan karpet ini sangat berguna, sebab ketika hujan tentu jalanan akan becek.
Maka dari itu, saat pengemudi atau penumpang ingin masuk ke mobil, bukan tak mungkin permukaan jalan becek dan menempel di alas kaki Sahabat.
Namun perlu dicatat, ada baiknya karpet saat musim hujan berbahan plastik atau karet. Sebab, karpet plastik atau karet mudah dibersihkan.

Lampu Kabut
Pada dasarnya lampu kabut atau fog lamp memang saat ini sudah banyak dihadirkan pada mobil baru. Namun, untuk mobil dengan varian-varian lebih murah atau model lawas fog lamp kerap tak tersedia. Fog lamp bisa ditambah di toko aksesori. Biasanya memiliki bentuk lampu yang bulat kecil, terletak di bagian depan bawah. Ada baiknya menggunakan fog lamp dengan warna kuning, agar lebih terlihat dan tidak menyilaukan.

Bahaya Lampu Hazard
Berbicara penggunaan lampu saat musim hujan, ada hal yang masih membuat para pengendara keliru nih Sahabat, yaitu penggunaan lampu hazard.
Memasuki penghujung tahun 2020, hujan sudah mulai mengguyur wilayah ibu kota. Berkendara pada musim hujan rupanya bukan hanya seputar masalah kesiapan mobil, tapi juga pengendaranya. Selain harus meningkatkan kewaspadaan, pengemudi wajib mengerti tiap fungsi dari fitur yang ada di kendaraan.
Sampai saat ini masih banyak pengemudi mobil salah kaprah dalam memanfaatkan fitur yang ada. Paling sering dengan menyalakan hazard saat di guyur hujan lebat di jalan.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal21.png

Ini Alasan Mengapa Tangki Bensin Tidak Boleh Kosong

Tangki yang hanya terisi sedikit bahan bakar akan memiliki banyak ruang. Ini membuat udara akan mudah ter kondensasi karena besarnya ruang kosong tersebut. Bahan bakar juga sebagai media pendingin bagi pompa bahan bakar.

Pompa ini sewajarnya selalu terendam dan bila isi bahan bakar tinggal sedikit maka pendinginan tidak berjalan dengan baik. Pengisian bahan bakar kendaraan sebaiknya jangan sampai menunggu hingga tersisa sedikit di dalam tangki.

Sahabat sebenarnya bisa kembali mengisi bahan bakar saat isinya masih tersisa setengah tangki. Batas minimum bahan bakar yang tersisa sekira seperempat tangki juga menjaga keawetan komponen didalamnya. Tangki bahan bakar yang masih terbuat dari plat besi tergolong rentan terhadap karat.

Jika kerap kali dibiarkan terisi hanya seperempat tangki dan bahkan kurang dari itu, dalam waktu lama menyebabkan terjadinya korosi di bagian yang jarang terendam bahan bakar. Nah inilah beberapa alasan mengapa membiarkan tangki bensin dalam keadaan kosong itu berbahaya dan berisiko.

Tangki bensin lebih cepat kotorSebagai akibat dari penjelasan pertama, titik-titik air juga bisa menjadi perantara untuk mengikat kotoran. Kotoran ini biasanya berasal dari bensin yang belum diendapkan secara maksimal. Kalau filter (saringan) bahan bakar memiliki begitu banyak kotoran, bukan tidak mungkin filter bahan bakar akan buntu dan menambah masalah baru pada mobil anda.

Tangki bensin mudah karatan
Mengapa bisa terjadi karatan? ini dikarenakan ketika tangki bensin sedang berada dalam keadaan hampir kosong, maka potensi bahan bakar menguap bisa terjadi dan mengakibatkan munculnya titik-titik air yang akan menempel dalam tangki bensin. Sudah pasti air merupakan zat perantara yang akan membuat besi menjadi karatan akibat adanya proses oksidasi.

Pompa bensin tidak bekerja maksimal
Akibat filter bensin yang begitu kotor sudah pasti pompa bahan bakar terkena imbasnya. Pompa bahan bakar yang seharusnya mampu menyalurkan bensin secara merata menjadi kurang maksimal. Sahabat akan merasakan performa mobil menjadi menurun dan bahan bakar menjadi lebih boros. Belum lagi jika ada kotoran yang tanpa sengaja masuk ke dalam pompa bahan bakar, sudah pasti kerusakan bagian dalam mobil menjadi bertambah.

Alat pompa bensin mudah rusak
Di bawah tangki mobilmu, terdapat semacam alat yang berfungsi mendistribusikan bensin ke mesin bernama fuel pump. Apabila tangki bensin nyaris kosong, lama kelamaan alat ini akan berisiko rusak karena jumlah bensin yang tersisa sangat sedikit. Kerusakan alat pompa lebih baik dihindari sejak dini. Sebab, kalau alat pumpa sudah rusak, tidak sedikit uang yang diperlukan untuk memperbaikinya. Harga alat pompa baru pun tidak murah.

Kerusakan pompa bensin bisa menjalar ke komponen lain
Apabila fuel pump telah rusak, hal itu dapat memicu kerusakan ke bagian mesin lainnya seperti di bagian pengapian (karburator atau injektor). Kalau fuel pump sudah benar-benar rusak, maka siap-siap saja sistem pengapian yang berfungsi menggerakkan mesin akan tidak berfungsi dengan baik.

Konsumsi BBM menjadi boros
Sebagian orang yang membiarkan tangki bensin nya nyaris kosong beranggapan karena takut boros. Hal itu adalah anggapan yang salah. Perilaku tersebut justru akan membuat konsumsi bensin kendaraanmu boros dalam jangka waktu yang panjang. Sebab, kendaranmu membutuhkan tenaga ekstra dari bensin untuk menggerakkan mesin.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal.png

Penyebab Air Radiator Mobil Kotor & Cepat Berkurang

Tutup Radiator Rusak
Salah satu hal yang menjadi penyebab dari berkurangnya air radiator mobil adalah karena tekanan tutup pada radiator yang sudah melemah. Biasanya hal ini dikarenakan kerusakan yang ada pada karet pada bagian tutup radiator yang dapat membuat air lebih cepat habis dibandingkan biasanya.
Karena tutup air radiator mobil yang sudah mulai melemah, tentu saja akan membuat air mengalir lebih cepat menuju tabung cadangan, bahkan sebelum pressure valve terbuka. Untuk mengatasinya tentu anda harus mengganti karet tutup radiator dengan yang baru.

Kebocoran Pada Komponen Water Pump
Water pump merupakan komponen yang berfungsi untuk memompa serta sebagai sirkulasi air yang ada di dalam mesin. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, maka akan menyebabkan penurunan volume air radiator yang cukup drastis. Bahkan kebocoran yang disebabkannya akan sangat besar, karena air yang mengalir akan cukup deras.

Karena kebocoran yang terjadi cukup deras, maka bila tak segera diperbaiki akan membuat mesin mengalami kondisi suhu yang panas. Biasanya kerusakan komponen ini dikarenakan usia pemakaiannya yang terlampau tua dan terkena rendaman air sehingga membuatnya keropos dan berkarat.
Untuk mengatasinya, tentu saja anda harus melakukan perawatan yang tepat seperti menguras air radiator mobil dua bulan sekali untuk menghindari pengendapan karat. Selain itu, gunakan air yang berkualitas agar kinerja water pump menjadi maksimal.

Kebocoran Di Sirip Komponen Radiator Mobil
Kebocoran yang terjadi pada sirip radiator biasanya tidak akan mudah terlihat dikarenakan beberapa hal, seperti sudah kering ataupun menguap sebelum air menetes. Namun hal ini menjadi salah satu penyebab air radiator berkurang. Untuk itu cek lah secara rutin pada bagian bagian tersebut, sehingga bila terjadi kebocoran pada tabung radiator mobil bisa segera diatasi.

Kerenggangan Selang Air Radiator Mobil
Penyebab lainnya dari penurunan air radiator yang cukup drastis biasanya dikarenakan kurang rapatnya selang yang terpasang pada komponen adiator mobil. Celah tersebut membuat air mudah keluar dari celah antara selang dan besi radiator. Tentu untuk mengatasinya, Sahabat harus merapatkan selang pada radiator agar tak terjadi celah yang membuat kebocoran pada radiator.

Penutup Pembuangan Air Radiator Mobil Kurang Rapat
Jika kebocoran masih saja terjadi setelah Sahabat mengecek poin-poin yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka cobalah cek penutup yang ada pada pembuangan air radiator di bagian bawah. Biasanya penutup ini agak kurang rapat sehingga air radiator berkurang secara perlahan.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal19.png

Penyebab Aki Mobil Rusak

Mobil membutuhkan aki agar bisa menyala dan berjalan. Lampu dan komponen listrik lainnya membutuhkan aki sebagai suplai utama agar menyala. Jika aki mobil rusak, akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, aki yang sudah lemah atau aki mobil soak bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Mobil jarang digunakan/dipanaskan
Salah satu penyebab aki mobil soak adalah karena mobil jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena aki tidak mendapat suplai kelistrikan yang cukup sehingga membuat kapasitas aki kurang optimal. Oleh karena itulah Sahabat wajib membawa mobil bepergian paling tidak satu kali seminggu agar asupan listrik ke aki selalu optimal yang otomatis membuat masa pakainya lebih lama.

Penggunaan mobil yang intense
Penyebab aki mobil soak lainnya adalah dikarenakan intensitas penggunaan mobil yang tinggi. Mobil yang digunakan secara terus-menerus membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga aki bekerja terlalu ekstra yang otomatis akan mengurangi umur pakainya. Semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan akan cepat rusak apabila dipakai secara terus menerus.

Air aki habis
Salah satu kelebihan aki mobil tipe basah adalah bisa diisi ulang sehingga membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah. Namun seringkali pemilik aki basah lupa melakukan pengecekan. Tau-tau air aki sudah habis, sehingga membuat aki tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Apabila hal ini dibiarkan saja maka akan terjadi aki mobil soak, jadi sangat disarankan untuk selalu mengecek air aki sebelum bepergian.

Kapasitas aki mobil kecil
Seperti yang kami sampaikan di atas, kita jangan asal memilih aki mobil. Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang kita miliki. Apabila aki yang digunakan kapasitasnya terlalu kecil maka bisa mengakibatkan over suplai yang bisa berakibat usia pakai aki berkurang dan aki mobil cepat soak.

Aksesoris mobil yang berlebihan
Memodifikasi mobil merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Sering kali pemilik mobil melakukan modifikasi dengan menambahkan sistem audio tanpa memperhatikan kapasitas aki mobil.
Sistem audio memang membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga kita harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan daya aki tersedot habis, sehingga berpotensi merusak aki mobil sering tekor atau soak.

Penggunaan Lampu Projector/Lampu HID
Tak hanya sistem audio, penggunaan lampu yang tak sesuai standar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil soak. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambahkan sistem audio, lampu HID dan lampu projector, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu berapa daya yang dibutuhkan, sehingga kita bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar agar kebutuhan dayanya sesuai.

Usia aki sudah tua
Semakin bertambahnya umur mobil, berbanding lurus dengan umur aki mobil. Tentunya kemampuan menyimpan dayanya akan semakin berkurang. Alhasil kamu harus membeli aki baru yang kondisinya masih normal. Setidaknya penggantian aki mobil bisa dilakukan setiap 2-3 tahun sekali, sehingga mobil bisa terhindar dari mogok dikarenakan tidak bisa distarter.

Jump Start aki mobil
Nah, apabila aki mobil soak di jalan secara tiba-tiba, ada salah satu solusi yang bisa kamu lakukan yakni, Jump Start aki. Jump start sebetulnya adalah istilah di mana satu mobil membantu mobil lain supaya tetap bisa menyala menggunakan aki yang masih bagus. Perlu diketahui, bahwa melakukan jump start harus tetap memperhatikan jumper yang dipergunakan. Bagaimana kutub dari jumper aki tak boleh bersentuhan saat sudah direkatkan pada aki yang masih sehat.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal18.png

Mobilmu Manual? Ini 6 Tips Mudah Merawatnya

Bukan hanya mobil bekas, mobil baru pun juga memerlukan perawatan secara berkala. Hal itu pun berlaku pula untuk mobil manual. Namun terkadang banyak orang yang merawatnya secara asal tanpa memperhatikan secara mendetail tentang cara merawat mesin mobil manual dengan benar. Sehingga terkadang menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.
Ganti oli dan filter oli sesuai waktunya

Kinerja sebuah mesin sangat bergantung dengan perawatan yang satu ini. Untuk menjaga kondisi mesin mobil agar selalu prima, oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil.

Pada umumnya, penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak hingga 5000 km. Selain oli mobil, filter oli juga saling berhubungan. Jadi jangan biarkan oli mobil Sahabat terjaga namun filter oli tidak diperhatikan. Karena hasilnya dapat menggangu kinerja dari oli mobil Sahabat menjadi tidak maksimal dan cepat kotor.

Cek dan isi ketersediaan air radiator
Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Sahabat mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika Sahabat cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

Cek komponen starter mobil
Cobalah untuk menghidupkan mobil Sahabat, bila mobil tidak dapat di starter maka terdapat kerusakan didalamnya. Hal ini dapat dikarenakan berkurangnya suplai bahan bakar atau udara. Periksalah saringan (filter) nya dengan cara mencabut filter dan membersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Akan tetapi bila hal tersebut sudah Sahabat lakukan namun mobil Sahabat belum menyala juga, segera bawa mobil Sahabat ke bengkel terdekat.

Cek Timing Belt mobil
Timing belt merupakan komponen dalam mobil yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang dihubungkan ke bagian internal mesin. Bila terdapat suara dengung atau bising ketika mobil Sahabat dinyalakan maka terdapat kerusakan pada timing belt. Kerusakan timing belt yang terus dibiarkan akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tertentu pada mesin mobil dapat rusak.

Isi BBM
Mungkin hal ini terlihat sepele karena banyak orang yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Kebiasaan ini dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi dengan kotoran dan kerak sehingga akan sangat membahayakan apabila kotoran dan kerak tersebut tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil Sahabat agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Lakukan penarikan gas sesekali
Sesekali pacu mobil Sahabat dengan kecepatan tinggi. Mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada bagian mesinnya. Sahabat dapat menghilangkan kerak-kerak pada bagian mesin mobil ini dengan cara memacu kendaraan mobil Sahabat sehingga menyebabkan kerak dapat keluar melalui knalpot. Namun tentu saja tetap pastikan kondisi sekitar tempat Sahabat berkendara aman dan tidak membahayakan keselamatan Sahabat dan orang lainnya yang berada di jalan.
Lakukan Tune Up rutin
Kamu dapat melakukan tune up di bengkel-bengkel resmi terdekat. Hal ini dapat membuat mesin anda akan tetap awet. Pada proses tune up, kondisi komponen-komponen vital mesin mobil anda akan diperiksa secara menyeluruh.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal16.png

Membuat Jadwal Mengganti Oli

Sebagai salah satu pelumas penting yang juga ada di mobil maka Anda juga harus memastikan kondisi oli pada mobil tersebut tetap memiliki kualitas yang baik. Jika Anda tidak mengganti oli secara lengkap sesuai dengan yang diharapkan maka ada gesekan antar komponen juga bisa membuat mesinnya menjadi lebih cepat rusak.

Radiator Selalu Cek Air

Saat Anda melakukan pengecekan pada bagian radiator maka perlu juga airnya dalam kondisi penuh. Hal ini bermanfaat untuk mengaktifkan fungsi optimal dari mesin kendaraan yang digunakan untuk meningkatkan dan meningkatkan kinerja mesin lainnya. Lebih untuk mobil bekas yang Anda tidak perlu tahu tentang penggunaan sebelumnya, jadi harus dijaga dengan cara perawatan mobil bekas secara tepat. Selain itu, untuk radiatornya sendiri harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk menyelesaikan penyelesaian radiator pada mobil Anda.

Pembersihan Bagian Filter Karburasi

Bagian filter karburasi ini memang sangat penting untuk dijaga kebersihannya karena saat ini bagian mulai tertutupi kotoran atau mobil akan sulit untuk distarter. Cara yang paling tepat untuk membersihkannya adalah menggunakan sikat gigi untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel dengan detail dan optimal.

Timing Belt

Timing belt pada mobil Anda harus diganti di waktu yang tepat mengingat fungsinya yang akan membantu memulihkan roda-roda. Perlu dipertimbangkan sejak penggunaan sabuk waktu adalah 40.000 km sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik kapan waktu yang tepat dan perlu untuk mengganti timing belt ini. Selain untuk menjaga kualitas mobil Anda agar tetap optimal untuk keamanan saat Anda mengemudi dengan mobil tersebut.

Pemeriksaan Ban

Dalam melakukan pemeriksaan bagian larangan maka Anda perlu memperhatikan Perincian tekanan anginnya. Dengan begitu Anda dapat menjawab jika memang sudah menunggu untuk mengisi angin atau bahkan menggantinya karena sudah terlalu tipis. Larangan ini tentu saja menjadi komponen yang juga sangat penting jika bisa dikeluarkan bisa dikeluarkan saat berkendara.

Memanaskan Mesin Mobil

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum Anda akan membeli. Maka mesin mobil tidak mengaget saat digunakan dan dilakukan tidak 15 menit agar efeknya lebih optimal. Dalam proses mengaplikasikan cara merawat mobil bekas memang Anda harus memperhatikan setiap detailnya dengan baik mengingat penggunaannya yang lama.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal15.png

6 KELALAIAN YANG CEPAT MERUSAK MOBIL

1. Mengabaikan lampu indikator
Lampu-lampu indikator ini ada di setiap panelmeter mobil. Lampu indikator ini merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keselamatan.
Paling tidak lampu indikator ini bisa mengingatkan Anda soal masalah yang ada pada mesin atau bahan bakar, sehingga bisa diselesaikan dengan cepat.

2. Tidak mengganti cairan
Setiap kendaraan memiliki berbagai cairan mulai dari air, minyak, hingga oli. Nah cairan-cairan ini memiliki fungsi masing-masing yang wajib diperbarui atau ganti.

3. Mengabaikan ban
Ban jadi bagian yang sangat vital dalam kendaraan. Sebab, bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan.
Karena itu, ban perlu juga dilakukan perawatan dengan cara rajin memeriksa keausan ban. Sebab, jika itu terjadi bukan tak mungkin akan berdampak pada keselamatan hingga borosnya bahan bakar.
4. Tidak melakukan servis rutin
Setiap kendaraan perlu dilakukan pengecekan rutin di bengkel resmi. Sebab, mobil atau sepeda motor memiliki banyak suku cadang atau komponen yang bisa saja aus atau rusak seiring waktu.
Melakukan servis secara rutin perlu dilakukan agar mesin dan komponen berfungsi secara optimal. Karena itu, melakukan pengecekan dan servis rutin akan membantu terhindarnya kerusakan yang dapat menghabiskan biaya cukup mahal.

5. Kotor
Menggunakan mobil setiap waktu pasti akan menyebabkan kotor. Bahkan saat mobil disimpan juga bisa terjadi hal yang sama.
Terlebih jika mobil tersebut menyimpan bahan kimia atau kotoran yang dapat merusak dan berpotensi menyebabkan karat. Karena itu, mencuci mobil perlu dilakukan.

6. Cara mengemudi
Berbagai kondisi lalu lintas akan terjadi saat mengendarai mobil. Saat di jalan itu pula, infrastruktur jalan raya hingga cuaca dapat mempengaruhi gaya mengemudi.
Karena itu ada baiknya selalu memahami dan mematuhi aturan lalu lintas, seperti mengemudi dengan santai agar irit bahan bakar, memperhatikan batas kecepatan, menghindari gaya mengemudi agresif, dan masih banyak lainnya.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal14.png

Cara Mematikan Mesin Mobil yang Baik dan Benar

1. Saat ingin berhenti, sebaiknya Anda mulai mengurangi kecepatan mobil. Dengan begitu, mesin mobil bisa menyesuaikan pergerakannya. Kemudian, saat mobil sudah terparkir dengan benar, berikanlah sedikit jeda sebelum Anda mematikan mesin.

2. Saat memberikan jeda, Anda perlu mengecek berbagai komponen dalam mobil. Pasalnya, beberapa komponen akan tetap aktif menyala walaupun mesin mobil telah mati. Hal ini pula yang bisa menyebabkan aki mobil Anda mati.

3. Hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mematikan mesin mobil tak lain adalah mematikan AC terlebih dahulu. Jika Anda tak ingin mesin atau AC mobil Anda rusak, Anda harus membiasakan untuk mematikan AC mobil terlebih dahulu.

4. Audio mobil juga harus dimatikan terlebih dahulu. Audio yang hidup dengan dukungan aki tentu akan kaget karena tekanan aki saat mobil baru menyala tidaklah stabil.

Jika aturan-aturan tersebut Anda terapkan, akan ada beragam manfaat yang didapatkan, mulai dari terawatnya mesin, komponen listrik mobil, hingga semakin lamanya usia mobil Anda.

Karena itu, mulailah hindari kebiasaan mematikan mesin secara tiba-tiba supaya performa mobil tetap terjaga dengan baik.

 

Semoga Bermanfaat.


bgklseal13.png

Jenis Industri Berdasarkan Jumlah Tenaga kerja

Jenis-jenis / macam industri berdasarkan jumlah tenaga kerja :
1. Industri rumah tangga, Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 1-4 orang.
2. Industri kecil, Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
3. Industri sedang atau industri menengah, Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
4. Industri besar, Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja berjumlah antara 100 orang atau lebih.

 

Semoga Bermanfaat.


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.