MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

February 7, 2023by adminMotor

Penyebab Motor Hilang Kompresi, Jangan Bingung Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

February 7, 2023 by admin
Desain-tanpa-judul-2023-02-07T150711.400.png

Penyebab motor hilang kompresi tidak perlu disikapi berlebihan apalagi panik. Meski demikian wajar jika Anda tiba-tiba merasa kaget. Pasalnya gejala kehilangan kompresi memang sedikit membingungkan karena pengapian masih tetap ada tapi motor malah mogok. Anda pun akan kerepotan ketika berupaya menghidupkan kembali motor dengan tombol yang ada di setang motor.

Pasalnya sistem pengapian yang masih normal tetap tidak mampu menyalakan mesin. Begitu juga ketika Anda berupaya menyalakan motor dengan kick starter. Tiba-tiba saja kick starter terasa loss atau terasa ringan. Jadi mungkin Anda akan kebingungan apa yang sebenarnya terjadi? Gejala itu memang merupakan tanda dari motor yang kehilangan kompresi. Perlu dicatat, kompresi motor yang tiba-tiba hilang tidak mutlak terjadi pada motor berusia tua saja. Motor-motor skutik yang usia pakainya masih muda juga bisa saja kehilangan kompresi. Pasalnya kompresi hilang terjadi karena adanya empat penyebab yang bisa membuat motor kehilangan kompresi.

Nah, ke empat penyebab itu adalah valve (klep) yang terlalu rapat, kualitas bahan bakar kurang bagus, piston atau ring pistonnya lemah dan filter udara yang kotor. Mesin motor yang ngempos bisa terjadi karena pengaturan klep kurang tepat, bisa terlalu rapat atau sebaliknya. Mengukur kerapatan klep juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaiknya, pilih bengkel yang memang punya kapasitas mengerjakan hal itu.

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Itulah beberapa ciri-ciri motor kehilangan kompresi. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab motor hilang kompresi yang mungkin bisa menjadi gambaran bagi kalian para pecinta motor untuk bisa lebih mengerti kesehatan sepeda motor.

1. Klep Tidak Rapat

Sebagai media masuk dan keluarnya sisa pembakaran di ruang bakar. Klep motor memiliki peranan yang sangat penting atas berlangsunya mesin motor bisa hidup dengan sempurna. Namun apabila klep motor tidak rapat karena terganjal oleh kerak sisa pembakaran atau kotoran yang terbawa oleh bahan bakar otomatis hal tersebut akan menyebabkan motor kehilangan kompresi.

2. Ring Kompresi Piston Jelek

Penyebab motor hilang kompresi yang selanjutnya juga bisa di sebabkan karena ring piston yang digunakan sudah jelek atau sudah aus. Kenapa ring piston? Tentu saja karen  salah satu lapisan ring piston yang ada memiliki fungsi untuk menahan tekanan kompresi yang berada di ruang bakar. Jika kondisinya sudah jelek otomatis kompresi yang seharusnya penuh pun akan hilang.

3. Packing Head Rusak

Penyebab lain dari hilangnya kompresi pada kendaraan bermotor terutama sepeda motor adalah packing head yang mulai rusak. Namun hal in mungkin akan sangat jarang terjadi pada motor-motor sekarang ini. Dan jika memang ada, biasanya hal yang membuat packing head rusak adalah rembesar oli melaluoi sela-sela packing tersebut.

4. Klep Bengkok

Kemudian hal yang mungkin bisa kita anggap jarang terjadi namun memiliki pengaruh besar terhadap kompresi motor yang hilang yaitu klep mengalami bengkok. Dimana bengkok pada kelp mesin motor sendiri bisa terjadi karena adanya tubrukan antara seher dan klep. Dan ketika itu terjadi, maka klep tidak akan bisa menutup dengan rapat dan menyebakan kebocoran kompresi.

5. Drat Busi Aus

Dan penyebab motor hilang kompresi yang terakhir adalah drab busi aus. Yaps, ini juga bisa menjadi salah satu alsan kenapa motor bisa hilang kompressi. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena tekanan kompresi yang seharusnya utuh akan keluar melewati celah pada drat busi yang sudah aus tersebut.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!