MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

5 penyebab oli mesin bocor

February 6, 2023by adminMobilMotor

5 penyebab oli mesin bocor

February 6, 2023 by admin
Desain-tanpa-judul-2023-02-06T154844.682.png

Oli bocor atau merembes pada bagian tengah mobil merupakan kondisi lazim yang sering dialami pemilik kendaraan roda empat. Meskipun bukan sesuatu yang aneh, tetapi hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena oli merupakan salah satu bagian penting pada mesin mobil.

Tanpa oli, komponen-komponen yang ada tidak bisa terlumasi dengan baik Akibatnya, mesin mobil akan cepat rusak dan aus. Untuk mencegahnya, kita harus tahu penyebab utama mengapa oli bisa bocor dan mencari solusi atas masalah tersebut. Nah, di bawah ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab kebocoran oli.

Bak oli bocor

Pada kendaraan roda empat, ada bagian yang disebut dengan bak oli atau packing carter. Untuk mobil keluaran lama, pada bagian dasar bak tersebut terdapat gasket berbahan dasar karet. Jika usia mobil sudah lama, bagian tersebut akan mengeras, mudah rusak, dan retak sehingga oli di dalamnya bisa tercecer.

Sedangkan pada mobil keluaran terbaru, gasket tersebut tidak lagi berbahan dasar karet tetapi sealer yang kualitasnya jauh lebih kuat. Untuk sealer, kebocoran oli bisa terdeteksi saat ada gumpalan cairan kental hitam tersebut di sekitar packing carter. Jika ini yang terjadi, gantilah bak oli dengan yang baru. Untuk penggantian, Anda bisa mendatangi bengkel mobil langganan.

 

Baut penutup oli rusak

Kerusakan baut biasanya terjadi akibat kelalian saat mengganti oli. Jika dipasang terlalu kencang, baut akan merusak alur drat di dalamnya sehingga saat dilepas sebagian ulir akan terkelupas dan ikut keluar. Karena kondisi ulir sudah tidak maksimal, jeda yang tercipta memungkinkan oli untuk menetes. Untuk masalah semacam ini, solusinya adalah dengan mengganti baut penutup oli dengan yang baru.

 

Seal filter oli rusak

Pada bagian filter, terdapat karet bulat yang berfungsi sebagai gasket. Saat pemasangan, bagian ini tidak boleh dikencangkan karena dikhawatirkan karet akan rusak. Jika rusak, sebagian oli akan bocor. Inilah mengapa, untuk mengencangkan seal filter, lebih baik gunakan tangan agar tidak terlalu kencang.

 

Kebocoran pada seal penutup katup

Sama seperti bak oli, seal yang lama kelamaan bisa mengeras merupakan salah satu penyebab merembes dan bocornya oli. Kebocoran pada bagian ini biasanya terjadi pada mobil keluaran lama yang seal dan gasket-nya terbuat dari karet. Untuk mengatasi masalah tersebut, penggantian seal penutup katup sangat disarankan.

Proses penggantian sendiri lebih baik dilakukan secara profesional oleh montir atau ahlinya. Karena dibutuhkan teknik dan pengetahuan yang tepat agar seal penutup katup terpasang sempurna sehingga nantinya tidak lagi timbul kebocoran atau merembesnya oli mesin.

 

Seal crankshaft bocor

Seal crankshaft terletak di bagian belakang dan depan poros engkol, jika bagian ini rusak biasanya akan terdapat rembesan di dekat pulley. Kebocoran pada area ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama karena oli bisa meredam karet pada pulley yang menyebabkan bagian tersebut oleng. Indikasi kebocoran pada bagian belakang juga bisa dilihat dari ada atau tidaknya tetesan di antara sambungan mesin dan transmisi.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!