MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Apa Itu Kruk As? Ini Fungsi As Kruk

February 5, 2023by adminMotor

Apa Itu Kruk As? Ini Fungsi As Kruk

February 5, 2023 by admin
Desain-tanpa-judul-2023-02-11T083931.844.png

Kruk As atau yang disebut poros engkol merupakan salah satu komponen penting yang ada di mesin pembakaran dalam kendaraan. Bagian ini juga biasa disebut dengan crankshaft. Fungsi utamanya yaitu menjadi poros pergerakan setiap piston.

Setiap gerak yang terjadi pada piston nantinya akan diteruskan ke transmisi kendaraan. Begitulah proses mekanik mesin sampai kendaraan bisa berjalan. Di bawah ini adalah informasi seputar poros engkol yang perlu Anda ketahui.

Pengertian Kruk As

Poros engkol adalah salah satu bagian mesin kendaraan yang bisa mengubah gerak horizontal atau vertikal dari piston sehingga menjadi gerak rotasi (putaran). Kruk as tersebut terpasang di bawah blok silinder mesin. Kegunaan komponen satu ini cukup vital pada mesin kendaraan.

Secara keseluruhan letak komponen ini berada di mesin pembakaran bagian dalam. Fungsi utamanya menjadi pusat pergerakan piston. Kebanyakan poros engkol terbuat dari bahan besi cor atau baja agar sanggup menampung momen inersia dari hasil pergerakan naik turun piston.

Fungsi-Fungsi Kruk As

Fungsi kruk as sangat penting untuk kinerja mesin kendaraan. Seperti penjelasan sebelumnya, fungsi paling dominan dari komponen ini adalah merubah gerak turun piston (torak) menjadi gerak rotasi atau perputaran.

Putaran poros engkol tersebut juga bisa digunakan untuk meneruskan ke transmisi. Caranya tenaga tersebut melewati timing belt atau timing chain, atau timing gear. Perputaran timing tersebut bisa membuka valve atau katup-katup mesin.

Selain itu, putaran poros engkol juga bisa menggerakkan bagian-bagian kelistrikan kendaraan seperti kompresor AC, pompa power steering. Namun saat ini kendaraan sudah otomatis menghasilkan tenaga listrik, sehingga bisa mengurangi kinerja tenaga mesin.

Tenaga yang dihasilkan kruk as tersebut berasal dari proses pembakaran mesin, di mana selanjutnya tenaga-tenaga tersebut disalurkan ke bagian-bagian mesin lainnya. Gerak putar yang dihasilkan mampu menghidupkan semua instrumen dalam kendaraan.

 

Cara Kerja Kruk As

Mekanisme kerja dari poros engkol sangat dinamis. Pertama-tama terjadi proses pembakaran bahan bakar di ruang bakar. Kemudian torak atau piston akan bergerak, lalu hasil pembakaran melewati batang torak untuk diubah menjadi gerak putar.

Crank journal ditopang oleh bantalan crankshaft bearing pada crankcase. Di dalam crankcase mencakup poros engkol dan bak oli. Selanjutnya poros engkol akan berputar pada crank journal. Setiap crank journal mempunyai crank arm masing-masing.

Poros engkol juga disusun oleh balance weight yang bisa menjaga keseimbangan putaran saat mesin kendaraan hidup.

Bagian saluran atau lubang oli di dalam poros engkol juga membantu bahan bakar atau pelumas melewati bantalan-bantalan, crank journal, pena torak, dan bagian terkait lainnya.

Fungsi utamanya dalam menggerakkan roda gila (flywheel) dibantu oleh bagian piston yaitu small end. Small end berupa lubang berukuran kecil.

Sedangkan batang piston (connecting rod) kinerjanya dibantu oleh big end yang berupa lubang berukuran lebih besar dari small end.

Selain bekerja untuk mengubah gerak naik turun piston menjadi gerak putaran, kruk as juga menerima beban dan tekanan dari piston. Hal tersebut dikarenakan tekanan yang tinggi dari pembakaran di dalam ruang pembakaran mesin.

Gejala Kerusakan Kruk As

Karena peran dan fungsinya yang begitu penting, maka akan menjadi masalah besar jika komponen mesin bagian dalam ini mengalami kerusakan.

Oleh karena itu Anda perlu mengenali beberapa gejala kerusakan yang bisa mengganggu akselerasi kendaraan Anda. 

  • Timbul Suara Berisik

Ciri paling mudah yang bisa dirasakan adalah terdengar suara berisik dan lumayan keras pada mesin bagian dalam.

Tanda ini jika dibiarkan akan mengganggu Anda dan pengendara sekitar saat berkendara. Selain itu bagian-bagian mesin lainnya akan ikut bermasalah di kemudian hari jika tidak segera ditangani.

  • Kruk As Mengalami Aus

Tanda kerusakan berikutnya adalah memang terjadi aus pada kruk as atau poros engkol, sehingga menyebabkan mesin kendaraan bergetar. Keausan tersebut bisa disebabkan oleh usia pemakaian, penggunaan pelumas yang tidak bagus, atau terjadi kebocoran di dalam mesin.

  • Laju Kendaraan Tidak Stabil 

Ciri kerusakan terakhir yang bisa dirasakan adalah mobil melaju tidak stabil atau tidak bisa digunakan dalam kecepatan tinggi.

Hal ini kemungkinan terjadi karena gangguan pada mesin-mesin bagian dalam. Sebaiknya mengeceknya secara berkala dan melakukan perawatan mesin s ecara rutin. 

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!