MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tips & Cara Merawat Mesin Motor Agar Tidak Cepat Turun Mesin

February 3, 2023by adminMotor

Tips & Cara Merawat Mesin Motor Agar Tidak Cepat Turun Mesin

February 3, 2023 by admin
Desain-tanpa-judul-2023-02-07T090116.043.png

Motor kini sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Bagaimana tidak? Tingkat mobilitas masyarakat Indonesia sangat tinggi. Jika dulu dalam satu rumah terdapat satu buah motor, kini hampir satu orang memiliki satu sepeda motor.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara merawat mesin motor yang baik sehingga terjadi masalah dan bolak-balik pergi ke tempat servis. Tentunya ini akan sangat membuat kita keluar uang yang cukup banyak nantinya apabila tidak kita hentikan saat ini.

 

Tips Merawat Mesin Motor yang Baik

Untuk itu, dengan beberapa tips merawat mesin motor ini kita akan mengulas dengan lengkap bagaimana dan seperti apa caranya ya.

1. Rutin mengecek oli

 

Mengecek oli adalah yang paling sering dilewatkan oleh para pemilik sepeda motor. Banyak yang malas untuk mengecek oli. Padahal, oli sangat penting untuk kesehatan mesin terutama untuk mesin motor yang cepat panas atau overheat.

Cobalah untuk rutin memeriksa oli setiap rentang waktu tertentu. Ketika oli Anda sudah berwarna kehitaman, artinya oli harus segera diganti. Jangan gunakan motor terlalu sering jika oli sudah dalam keadaan seperti ini.

Biasanya, setiap 1.000 km perjalanan, Anda harus sudah melakukan ganti oli. Namun, jika parameter perjalanan di motor rusak atau Anda sudah lupa sudah berapa lama melakukan perjalanan, waktu ideal untuk ganti oli adalah 2 hingga 3 bulan sekali. Gunakan oli sama seperti sebelumnya dan usahakan sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

2. Memeriksa angin ban sebelum bepergian

Mengecek tekanan angin juga tidak kalah penting. Meskipun hal ini berkaitan dengan roda, namun ketika angin tidak terlalu cukup, motor akan menjadi lebih berat dan akan berimbas pada mesin juga.

Untuk mengatasi ini, biasakan untuk selalu mengecek tekanan angin sebelum bepergian, apalagi bepergian jauh. Jika Anda lupa, Anda bisa berhenti sejenak di tempat tambal ban, bengkel, atau pom bensin untuk mengisi angin.

3. Memeriksa selang bensin

Mungkin saat ini motor Anda sering mogok. Hal ini bisa diakibatkan karena selang bensin yang mulai tidak lentur. Selang bensin yang tidak lentur akan menghambat proses mengalirnya bensin ke karburator dan mengakibatkan motor menjadi sering mogok. Oleh sebab itu, perhatikan selalu selang bensin pada motor Anda.

4. Rutin memanaskan mesin motor

Jangan pernah malas untuk memanaskan motor di pagi hari sebelum menggunakannya. Cara ini dapat berguna agar oli di dalam mesin melumasi mesin sehingga motor akan mendapatkan performa yang lebih baik.

Tentunya juga membuat mesin motor agar tetap halus dan awet. Waktu yang disarankan untuk memanaskan motor adalah antara 5 hingga 10 menit saja. Yang perlu diingat, jangan terlalu sering memanaskan motor dengan cara digembor-gemborkan terlalu sering.

5. Jangan sampai kehabisan bahan bakar

Hal ini sangat penting jika motor yang Anda miliki adalah jenis motor matic injeksi. Merawat mesin motor matic injeksi lebih sulit apalagi kehabisan bensin, hal ini akan membuat mesin menjadi cepat rusak.

Usahakan untuk langsung mengisi bensin ketika parameter bensin sudah mencapai E atau 2 strip. Untuk mengantisipasi hal ini, sebelum bepergian jauh sebaiknya isi penuh bensin motor Anda.

6. Merawat Aki

Hal paling menyebalkan yang mungkin akan Anda alami jika tidak baik dalam merawat Aki adalah motor susah dihidupkan. Jika bisa dihidupkan pun harus menggunakan kick starter, bukan elektrik starter. Tentu saja ini akan membuat Anda sedikit kerepotan.

Aki yang mati juga akan mempengaruhi beberapa komponen lainnya seperti lampu yang tidak menyala terang dan lain-lain. Bisa juga akan berimbas pada kelistrikan lainnya dan mengakibatkan hal yang fatal.

7. Mengatur gas

 

Bagi Anda pengguna motor matic, penting untuk selalu menjaga kestabilan gas ketika berkendara. Hindari terlalu cepat menaik-turunkan gas karena ini akan mengurangi umur mesin. Kecepatan motor yang tidak stabil juga akan merusak mesin serta tambah sulit untuk merawat mesin motor matic nantinya.

Bahkan, jika sudah mulai parah, vanbelt motor juga akan terkena imbasnya. Usahakan untuk menaik-turunkan gas secara lembut agar mesin tidak kaget. Tentunya hal ini akan berimbas pada keborosan bahan bakarnya juga ya.

8. Melakukan servis rutin

Setiap beberapa selang waktu tertentu, Anda perlu melakukan servis rutin motor Anda. Anda bisa melakukannya di tempat servis terdekat. Namun, akan lebih baik jika Anda melakukan servis rutin di tempat originalnya agar ketika harus mengganti beberapa onderdil digunakan onderdil yang asli.

Onderdil yang tidak ori juga akan berpengaruh pada performa motor dan kesehatan mesin motor anda semua. Sebab motor akan sangat bagus dan berstandar apabila dengan part yang ori.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!