MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

CARA MERAWAT BUSI PADA MOTOR

November 10, 2022by adminbusiMotor

CARA MERAWAT BUSI PADA MOTOR

November 10, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-79.png

Pada dasarnya, busi motor berfungsi memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi di ruang bakar. Percikan api itu dihasilkan dari tegangan listrik yang disalurkan oleh koil ke busi.

Ketika percikan api itu membakar campuran bensin dan udara yang terkompresi, maka terjadilah ledakan di ruang bakar dan menjadi daya untuk menggerakan sepeda motor. Karena itulah busi motor punya peran yang sangat penting dalam sebuah rangkaian sepeda motor.

 

 

Berikut cara merawat busi motor yang perlu diperhatikan :

  1. Periksa Ujung Elektroda
    Ujung elektroda bisa dijadikan alat bantu untuk mendiagnosa apa yang terjadi di ruang bakar. Indikasinya bisa diketahui dari warna ujung elektroda. Melalui warna ujung elektroda busi yang terbakar, setidaknya bisa diketahui apakah proses pembakaran di dalam ruang bekar bekerja normal atau tidak.Jika ujung elektroda berwarna abu-abu atau merah bata, itu artinya busi dalam kondisi baik dan normal. Begitu juga dengan proses pembakaran di ruang bakar, kondisinya dalam keadaan optimal.
  2. Bersihan Kotoran Pada Ujung Elektroda
    Bersihkan kotoran akibat endapan karbon sisa pembakaran yang menempel pada ujung elektroda. Gunakan cairan semprot yang bersifat non-metal seperti brake cleaner.Hindari penggunaan amplas dan cairan yang bersifat abrasif terhadap karat karana bisa mengikis permukaan plating atau elektroda busi.
  3. Periksa Keausan Elektroda
    Busi yang masih dalam kondisi baik juga bisa dilihat dari bentuk elektrodanya yang masih berbentuk kotak. Bagian ini paling cepat terkikis akibat panas dari percikan api saat teradi pembakaran di ruang bakar. Jika bentuk elektroda sudah berubah, itu artinya elektroda busi motor sudah aus dan perlu diganti.
  4. Ganti Dengan Busi Baru
    Lakukan penggantian busi motor sesuai jadwal yang tercantum pada buku servis secara berkala supaya kerja mesin tetap optimal. Jika belum waktunya ganti tetapi kondisi busi sudah aus, segera lakukan penggantian.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.