MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

CARA KERJA PISTON MOTOR 4-TAK

November 8, 2022by adminMotor

CARA KERJA PISTON MOTOR 4-TAK

November 8, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-74.png

Piston adalah komponen mesin yang membentuk ruang bakar bersama-sama dengan silinder blok dan silinder head. Piston jugalah yang melakukan gerakan naik turun untuk melakukan siklus kerja mesin, serta piston harus mampu meneruskan tenaga hasil pembakaran ke crankshaft. Jadi dapat kita lihat bahwa piston memiliki fungsi yang sangat penting dalam melakukan siklus kerja mesin dan dalam menghasilkan tenaga pembakaran.

Langkah-Langkah kerja piston

1. Langkah pemasukan

Disebut juga sebagai langah hisap, yakni saat piston bergerak dari titik mati atas (TMA) yaitu titik tertinggi piston ke titik mati bawah (TMB) yaitu titik terendah piston. Saat piston bergerak dari TMA ke TMB, katup atau valve masuk membuka dan katup buang menutup. Akibat gerakan turun piston, sejumlah gas bensin terisap masuk ke dalam ruang silinder melalui saluran katup masuk. Baca juga: Apa Efek Tidak Mengganti Engine Mounting yang Sudah Aus?

2. Langkah kompresi

Yaitu saat piston bergerak naik dari TMB ke TMA. Katup masuk dan katup buang sekarang sama-sama tertutup. Akibat gerakan piston naik, gas bensin dalam silinder dimampatkan (dikompresi) sehingga suhunya jadi tinggi. Lihat Foto Cara kerja mesin 4-tak(Foto: britannica.com)

3. Langkah usaha

Disebut juga ekspansi, yaitu saat posisi piston hampir mencapai TMA. Saat ini busi menyala dan memercikkan bunga api listrik. Gas bensin yang sudah dimampatkan akan terbakar atau meledak. Ledakan itu menghasilkan tenaga yang kemudian mendorong piston bergerak lagi dari TMA ke TMB. Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan jika Ban Mobil Meletus di Jalan? Lihat Foto Honda Tiger, salah satu contoh sepeda motor dengan mesin 4-tak yang sempat dipasarkan di Indonesia.(KOMPAS.com/Gilang)

4. Langkah pembuangan

Yaitu saat piston bergerak lagi dari TMB ke TMA. Katup buang sekarang membuka dan katup masuk masih menutup. Akibat gerakan piston ke atas, gas bekas pembakaran di langkah usaha tertekan keluar melalui saluran katup buang kemudian ke knalpot. Katup buang menutup lagi setelah seluruh gas bekas habis meninggalkan ruang bakar.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!