MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Motor Brebet

November 2, 2022by adminMotor

Penyebab Motor Brebet

November 2, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-62.png

Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya. Masalah pada motor yang sering digunakan adalah hal biasa. Hal itu mungkin terjadi karena ada komponen yang usianya sudah lama dan harus segera diganti. Oleh karena itu, servis berkala di bengkel sangat perlu dilakukan.

1. Bahan Bakar Tidak Sesuai

Penyebab yang paling sering membuat motor brebet adalah karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar. Banyak pengendara yang lebih memilih bahan bakar yang murah dibandingkan dengan kualitas yang bagus. Hal itu yang menyebabkan motor menjadi brebet.

Bahan bakar yang kualitasnya rendah akan menyebabkan mesin menjadi knocking sehingga brebet. Selain kualitas yang rendah, bahan bakar campuran juga bisa menyebabkan mesin knocking. Perbedaan kualitas pada bahan bakar akan menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor bisa menjadi penyebab motor brebet karena sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal itu menyebabkan debu dan kotoran menempel pada filter, sehingga menyebabkan udara yang masuk menjadi berkurang karena terhambat oleh debu dan kotoran.

3. Kerusakan Pada Busi

Busi bisa menjadi penyebab motor brebet di rpm tinggi karena busi tidak menciptakan percikan api untuk pembakaran dalam mesin. Kondisi busi yang kotor atau mulai renggang akan menjadi penyebab brebet saat motor di gas.

Ciri busi yang mulai rusak adalah tampak berwarna kehitaman. Jika kotor maka Anda bisa mencoba untuk membersihkan dan memasangnya kembali. Namun jika ternyata distarter masih tidak mau menyala, artinya busi sudah mati atau tak bisa digunakan.

4. Tangki Bahan Bakar Kemasukan Air

Penyebab motor brebet yang bahkan membuat motor tidak bisa menyala adalah masuknya air ke tangki bahan bakar. Air akan menyebabkan pembakaran terganggu karena mengurangi bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

Air bisa masuk ke tangki bahan bakar biasanya karena salah dalam metode pencucian motor atau membeli bensin eceran. Seringkali penjual eceran lalai dalam memindahkan bensin ke dalam botol eceran sehingga terdapat endapan air.

5. Sensor Injeksi Rusak

Khusus motor injeksi, penyebab motor brebet bisa disebabkan oleh komponen injektornya. Apabila komponen ini rusak, maka pembakaran sudah pasti terganggu. Injektor mengalami kerusakan ketika Anda tidak menggunakan bahan bakar yang tepat.

Selain itu kerusakan juga dipengaruhi oleh jarangnya melakukan perawatan komponen. Padahal injektor perlu dibersihkan menggunakan cairan pembersih khusus. Apabila rusak atau kotor, maka akan menyebabkan mesin jadi brebet.

6. Setelan Klep Renggang

Motor brebet juga bisa disebabkan oleh setelah klep yang mulai merenggang. Setelan ini merenggang karena masa pemakaian kendaraan. Klep akan merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus menerus.

7. Filter Bahan Bakar Kotor

Penyebab selanjutnya adalah terdapat pada filter bensin yang sudah kotor. Filter bensin berfungsi untuk menyaring bahan bakar agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran. Fungsinya tidak jauh berbeda dari filter udara, jadi komponen ini perlu rajin dibersihkan.

8. Fuel Pump Kotor

Selain filter bensin, kotornya fuel pump juga menjadi penyebab utama motor brebet. Fuel pump bertugas untuk memompa bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah.

Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna. Anda perlu rutin mengecek apakah fuel pump bekerja dengan baik. Sehingga tekanan bensin lebih teratur yang membuat sistem pembakaran pada motor bekerja dengan baik.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.