MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Mesin Motor Overheating

November 1, 2022by adminMotor

Penyebab Mesin Motor Overheating

November 1, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-61.png
    1. Oli kering ataupun tidak rutin diganti

Jika oli kering atau kondisi oli sudah tidak prima karena tidak rutin diganti juga dapat menimbulkan overheat pada sepeda motor. Selain itu, oli yang tidak mengalir secara sempurna pun juga dapat mengakibatkan overheat. Mengapa demikian? Karena pelumasan tidak akan terjadi secara merata.

    1. Air radiator kering

Jika air radiator kering maka akan mengakibatkan motor menjadi overheat. Hal itu karena tidak ada pendinginan dibagian radiator sehingga mempengaruhi bagian mesin. Untuk masalah  pada air radiator sendiri biasanya terjadi pada motor berkapasitas besar atau motor 250cc ke atas.

    1. Piston mengering

Piston yang mengering karena tidak terlumasi dengan baik oleh oli juga memicu terjadi overheat. Ring piston akan mengering jika tidak terlumasi dan membuat mesin tidak bekerja secara maksimal.

    1. Kipas radiator rusak atau bermasalah

Pastikan kipas pada radiator berfungsi dengan baik. Karena peran penting dari kipas radiator dapat mempengaruhi radiator tersebut. Kipas radiator berperan menjaga suhu panas pada radiator motor.

    1. Motor mengangkut beban berlebih dan sering lintasi jalanan menanjak

Motor yang mengangkut beban berlebihan juga menjadi salah satu faktor timbulnya overheat. Mengapa? Karena mesin akan bekerja lebih keras. Selain itu jangan coba-coba memaksakan mesin membawa beban secara berlebihan lalu dipaksakan melewati jalan yang menanjak curam. Jika demikian, maka overheat pun akan mudah terjadi pada mesin kendaraaan. Mesin harus bekerja lebih keras lagi demi menjalankan keinginan kita dan itu semua sangat tidak disarankan. Terkecuali kita memang menggunakan motor yang memiliki kapasitas besar dari sisi tenaga hingga desain. Namun tetap saja setiap kendaraan memiliki batas maksimalnya masing-masing.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!