MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

APA YANG DIMAKSUD TENTANG CYLINDER HEAD

October 25, 2022by adminMobil

APA YANG DIMAKSUD TENTANG CYLINDER HEAD

October 25, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-40.png

Apa Itu Kepala Silinder?

Kepala silinder atau dalam bahasa Inggris disebut head cylinder adalah komponen penutup blok silinder ruang pembakaran. Keberadaannya membuat pembakaran bisa terjadi. Bagian ini juga menjadi dudukan atau tempat menempelnya berbagai komponen mesin lain seperti mekanisme katup, manifold dan busi atau injektor. Oleh sebab itu kepala silinder digolongkan menjadi second base.

Awalnya kepala silinder dibuat dengan teknik cor layaknya pembuatan blok silinder dan menggunakan bahan baku baja yang dituangkan pada cetakan.

Fungsi Kepala Silinder pada Mobil

1. Sebagai Ruang Pembakaran

Karena komponen ini merupakan bagian penutup blok silinder yang di dalamnya terdapat ruang bakar, maka kepala silinder juga termasuk ke dalam bagian dari ruang pembakaran itu sendiri. Proses pembakaran pada mesin sendiri terjadi ketika campuran bahan bakar telah terkompresi dan piston berada di sekitar kepala silinder, sehingga piston yang sudah mencapai Titik Mati Atas (TMA) otomatis terdorong ke bawah.

2. Tempat Meletakkan Busi

Kepala silinder memiliki bagian dudukan yang menjadi tempat dipasangnya busi. Sebagian busi akan dipasang masuk ke dalam ruang pembakaran untuk memantik api di sana, sebagian lainnya mengarah keluar dari kepala silinder.

3. Tempat Mekanisme Katup

Fungsi kepala silinder selanjutnya adalah tempat terjadinya mekanisme katup (valve). Dalam hal ini kepala silinder tidak mengatur waktu tertutup dan terbukanya katup, namun komponen-komponen yang terpasang pada kepala silinder yang bertugas untuk melakukannya.

Komponen mekanisme katup yang terpasang pada kepala silinder antara lain camshaft sebagai poros penghubung untuk menggerakkan katup, rocker shaft sebagai pelatuk untuk menekan katup, lalu ada valve intake (saluran masuk bahan bakar) dan valve exhaust (saluran pembuangan) serta valve spring sebagai pegas pengontrol katup.

4. Saluran Intake dan Exhaust

Seperti disinggung di atas katup intake dan katup exhaust terpasang di bagian kepala silinder, sehingga otomatis kepala silinder berfungsi menjadi saluran masuk udara dan bahan bakar ke mesin (intake) dan juga sebagai saluran keluarnya asap sisa pembakaran (exhaust).

5. Tempat Sirkulasi Oli

Oli yang menuju mesin dialirkan dari pompa oli ke komponen mekanisme katup yang berada di kepala silinder. Katup tersebut terhubung ke saluran oli di bagian silinder blok mesin. Adanya saluran sirkulasi oli yang saling berhubungan ini membuat komponen mekanisme katup akan selalu terlumasi oleh cairan pelumas tersebut.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!