MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

APA SAJA YANG DIPELAJARI TEKNIK SIPIL?

October 17, 2022by adminTeknik Sipil

APA SAJA YANG DIPELAJARI TEKNIK SIPIL?

October 17, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul4.png

Penjurusan Teknik Sipil

Sesuai dengan namanya yang diawali dengan kata “Teknik”, Teknik Sipil merupakan cabang ilmu teknik yang mempelajari proses infrastruktur mulai dari merancangmembangun, dan merenovasi. Infrastruktur yang dimaksud gak cuma infrastruktur gedung-gedung tinggi tapi juga termasuk infrastruktur jembatan, jalanan, landasan pesawat terbang, bendungan, pelabuhan dan lainnya. Secara umum di teknik sipil kamu akan mempelajari bagaimana merancang infrastruktur yang kuat, layak, dan juga efisien.

Penjurusannya biasanya terbagi menjadi 5, yaitu:

1. Struktur atau Struktural

Cabang yang memperdalam mengenai bahan dan juga struktur untuk sebuah pembangunan, seperti baja, beton, kayu, dan lain-lain yang pastinya memiliki karakteristik masing-masing sehingga setiap bahan atau materialnya perlu dijadikan satu mata kuliah khusus.

2. Geoteknik

Cabang yang memperdalam mengenai karakteristik dan struktur berbagai jenis tanah dan batuan yang akan menopang bangunan diatasnya. Gambaran mudahnya, coba bayangkan lebih mudah mana bagi kita berlari di atas aspal dengan berjalan di atas pasir? Pasti lebih mudah di atas aspal bukan? Karena aspal lebih padat dan juga lebih kuat menopang beban kita bahkan beban hidup kita dibanding pasir.

3. Manajemen Konstruksi

Cabang yang memperdalam mengenai manajemen pembiayaan dan juga permasalahan dalam proyek konstruksi seperti penjadwalan, biaya proyek, dan hukum perizinan pelaksanaan pembangunan, sehingga progress pembangunan bisa berjalan tepat waktu.

4. Hidrologi

Cabang yang memperdalam mengenai sifat dan karakteristik air, dari pendistribusian, pengendalian dan juga permasalahannya. Dalam cabang ilmu ini akan dipelajari mengenai menghitung curah hujan pada suatu daerah, debit air sungai, tekanan air, dan juga berbagai bangunan yang berhubungan langsung dengan air seperti waduk atau bendungan, pelabuhan, kanal, dan lain-lain.

5. Transportasi

Transportasi merupakan cabang yang memperdalam mengenai perencanaan dan pelaksanaan sistem transportasi, seperti konstruksi perkerasan jalan raya, perkerasan landasan pesawat, pembangunan jalan tol, konstruksi bandar udara, stasiun, terminal dan lain-lain. Tidak hanya itu ilmu ini mempelajari mengenai manajemen lalu lintas, manajemen parkir, dan juga permasalahan berkaitan dengan transportasi.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.