MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

PENGARUH RANTAI KENDOR PADA MOTOR

October 14, 2022by adminMotor

PENGARUH RANTAI KENDOR PADA MOTOR

October 14, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-8.png
Dampak Rantai Keteng Kendor

Jika rantai keteng kendur akan terlepas dari gear atau jalurnya. Akibatnya komponen akan rusak, baik itu bagian mesin hingga piston pecah atau bolong. Jika ingin menggantinya, sebaiknya untuk melakukan penggantian semua komponen untuk menjaga ketahanannya tetap awet.

Ciri-Ciri Rantai Keteng Kendor Motor Matic

Biasanya pemilik sepeda motor akan merasakan ketidaknyamanan ketika ada salah satu komponen yang bermasalah. Seperti halnya muncul suara asing dari bagian blok silinder.

Jika dibiarkan begitu saja, suara tersebut akan semakin jelas. Suara mesin akan menjadi kasar. Jika kondisi ini Anda alami, sebaiknya untuk tetap menjaga kestabilan sepeda motor.

Motor matic yang sudah mengalami hal ini sebaiknya untuk tidak membawanya secara agresif. Misalnya melakukan akselerasi atau deselerasi secara mendadak.

Dapat disimpulkan jika rantai keteng kendor bisa ditandai dengan munculnya suara pada bagian blok silinder. Jika sudah mengalami hal ini sebaiknya Anda melakukan pengecekan dan penanganan yang tepat.

Jangan sampai Anda membiarkannya saja hingga menimbulkan risiko berat. Bahkan sampai rantai putus yang berakibat fatal.

Selain munculnya bunyi kasar ciri-ciri yang lain yaitu dengan mesin terasa kurang nyaman.

Jika sampai rantai keteng rusak akan mengakibatkan proses buka tutup klep tidak normal. Proses pembakaran pun juga tidak akan berjalan dengan sempurna.

Cara Mengetahui Rantai Keteng Bermasalah

Sebenarnya untuk mengetahui ciri-ciri rantai keteng kendor bisa Anda dengar langsung dan rasakan ketika motor Anda kendarai. Untuk melakukan pengecekan apakah rusak atau tidak, bisa melakukannya ketika Anda memanasi motor.

Anda bisa melakukan pemanasan kurang lebih 10-15 menit. Jika sampai selama itu muncul suara keras seperti tek-tek, menandakan jika rantai keteng rusak.

Namun jika dari awal muncul bunyi tersebut namun lama kelamaan hilang menandakan jika bagian oli motor yang sudah perlu diganti, bukan pad komponen rantai ketengnya.

Biasanya masa pakai rantai keteng kurang lebih 3-5 tahun. Karena masa pemakaiannya yang cukup lama mengakibatkan rantai menjadi aus.

Fungsi Rantai Keteng

Ciri-ciri rantai keteng kendor bisa Anda rasakan. Namun apakah Anda tahu apa sebenarnya fungsi dari komponen tersebut? Sebenarnya masih banyak orang yang tidak mengenal komponen rantai keteng.

Sebab rantai keteng biasanya dikenal dengan sebutan rantai kamprat. Fungsi dari rantai keteng yaitu untuk menjadi penyalur tenaga kerja dari kruk as ke noken as.

Setelah memperoleh tembaga dari rantai tersebut, noken as akan menyalurkan kembali untuk melakukan buka tutup klep. Klep untuk gas masuk dan keluar ke ruang bakar mesin.

Bentuk dari komponen ini sama seperti rantai pada umumnya. Hanya saja terdapat perbedaan dari segi ukurannya saja yang lebih kecil dengan ulir berbeda.

Dampak Rantai Keteng Kendor

Karena fungsinya yang cukup penting, sebaiknya untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara tepat.
Jika ingin menggantinya, sebaiknya untuk melakukan penggantian semua komponen untuk menjaga ketahanannya tetap awet.
Saat Anda merasakan ciri-ciri rantai keteng kendor, segeralah untuk melakukan pengecekan. Sehingga dampak buruk tidak akan terjadi.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!