MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

FUNGSI MESIN (ENGINE) MOTOR

October 14, 2022by adminMotor

FUNGSI MESIN (ENGINE) MOTOR

October 14, 2022 by admin
Desain-tanpa-judul-6.png

Fungsi Mesin (Engine) Kendaraan

Pada kendaraan, komponen yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga pertama kali adalah mesin atau engine.Mesin yang digunakan pada kendaraan adalah mesin dengan pembakaran dalam (internal combustion engine).Fungsi dari mesin yaitu untuk mengasilkan tenaga putar dari proses pembakaran campuran udara dan bahan bakar di dalamnya.

Pembakaran dapat terjadi di dalam mesin apabila telah memenuhi beberapa persyaratan yaitu :

  1. Adanya Tekanan kompresi yang tinggi.
  2. Campuran udara dan bahan bakar yang sesuai.
  3. Adanya panas atau percikkan api yang kuat dan dengan waktu yang tepat.

 

Energi panas yang dihasilkan akibat proses pembakaran di dalam mesin akan dirubah menjadi energi gerak.

Untuk mengubah energi panas tersebut menjadi energi gerak maka pada mesin terdiri dari komponen-komponen utama, antara lain kepala silinder (cylinder head), blok silinder (cylinder block), carter, piston, mekanisme katup, poros nok, poros engkol, fly wheel dan lain sebagainya.

Sebelum piston mencapai ke TMA, injektor nosel akan menginjeksikan bahan bakar dan pada saat ini akan terjadi proses pembakaran. Akibat ledakan pembakaran, piston akan terdorong ke TMB dan tenaga ledakan ini akan diteruskan oleh piston ke batang piston dan selanjutnya ke poros engkol untuk dirubah dari gerakan naik-turun menjadi gerakan putar. Gas buang hasil pembakaran yang berada di ruang bakar selanjutnya dikeluarkan dari ruang bakar melalui katup buang dengan bantuan dorongan piston.

Temperatur mesin harus dipertahankan pada temperatur kerjanya yaitu sekitar 80o C sampai 90C, apabila temperatur mesin terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat mengakibatkan beberapa masalah pada mesin.

Untuk itulah mesin juga dilengkapi dengan sistem pendingin di dalamnya. Tipe sistem pendingin mesin yang pada umumnya sering digunakan adalah sistem pendingin udara dan sistem pendingin air.

Jenis-Jenis mesin motor

1. Mesin 1 silinder
Ini merupakan jenis mesin yang sangat terkenal di masyarakat yang juga terdiri dari silinder tegak, tidur dan kemiringan 45 derajat. Semuanya itu biasa digunakan pada kendaraan motor dengan kapasitas mesin kecil. Namun ada juga mesin motor dengan kapasitas besar juga menggunakan jenis mesin yang satu ini.

2. Mesin 2 silinder segaris ( in-line twin )
Mesin ini merupakan mesin yang terdiri dari single silinder dengan hasil suara yang berbeda. Ini adalah solusi bagi mereka yang ingin tampil beda pada kendaraan roda duanya. Biasanya mesin jenis ini dipakai pada kendaraan Kawasaki NInja 250, yamaha R25, CBR250RR dan BMW F800GS.

3. Mesin 3 silinder segaris ( tripel in-line )
Ini adalah mesin silinder yang memaksimalkan Torsi dan top end power. Apabila mesin 2 silinder dengan model V atau L, maka mesin inline 4 mengandalkan top end power. Berbeda dengan mesin silinder 3 yang akan menggabungkan keduanya.

4. Mesin 4 silinder segaris ( In-line Four )
Ini juga mesin yang digunakan pada setiap motor sport tidak termasuk Ducati dan Aprilia. Mesin ini sangat terkenal dengan suaranya yang termasuk bulat dan merdu. Walaupun terbilang tidak terlalu menonjol dalam hal torsi, tetapi power atau kekuatannya diakui sangat gila.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!