MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

dampak yang akan terjadi jika sering telat ganti oli mesin motor

February 3, 2022by adminUncategorized

dampak yang akan terjadi jika sering telat ganti oli mesin motor

February 3, 2022 by admin
hipwee-1-28.jpg
1. Mesin akan mengalami overheating jika telat ganti oli

Oli berfungsi sebagai pelumas yang bisa mendinginkan mesin. Jika oli dalam keadaan buruk dan volumenya berkurang, maka mesin tak bisa didinginkan dengan baik. Akibatnya, mesin akan mengalami kerusakan akibat gesekan halus tanpa oli pelumas ini.

2. Telat ganti oli juga dapat membuat bahan bakar lebih boros

Jika oli lama tidak diganti dan kinerjanya berkurang, maka gesekan antar komponen mesin jadi makin kasar dan berat. Ini bisa membuat tarikan mesin jadi lebih berat, sehingga konsumsi bahan bakar pun meningkat.

3. Bisa jadi mesin motor juga akan mati mendadak saat dikendarai

Karena kadar oli berkurang akibat penguapan, motor jadi sulit menyala dan akan sering mati mendadak. Apalagi jika sering dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

4. Usia mesin motor juga jadi lebih pendek

Kadar oli yang sedikit bisa menimbulkan gesekan antar komponen dan menimbulkan bunyi gesekan di mesinnya. Jika dibiarkan, hal ini bisa membuat komponen mesin rusak dan memperpendek usianya.

5. Kalau sudah turun mesin, harga motor juga akan menurun drastis

Selain harga turun mesin yang cukup mahal, motor yang sudah mengalami banyak kendala karena jarang ganti oli ini juga akan lebih sulit dijual lagi. Sekalipun bisa, biasanya harganya akan turun drastis.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang sering telat ganti oli, padahal cukup berpengaruh ke performa motor. Alih-alih merugi karena mesti keluar banyak uang untuk turun mesin, lebih baik ganti olinya lebih rutin.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!