MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Fungsi Piston Dan Cara Merawatnya

January 5, 2022by adminUncategorized

Fungsi Piston Dan Cara Merawatnya

January 5, 2022 by admin
engine-piston-cross-section-1200x800.jpg

Piston merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam Kendaraan, piston mempunyai bentuk seperti silinder yang bekerja dan bergerak secara translasi.

Piston merupakan sumbu geser yang terpasang persisi didalam selinder yang bertujuan untuk mengubah volume menjadi tabung. menekan fluida dalam dalam selinder, membuka tutup aliran yang berhubungan dengan hal tersebut.

Gerakan piston bisa mencapai 2400 kali lipat bahkan bahkan lebih lebih dalam setiap menitnya. dengan kata lain piston dalam pebetik piston bergerak 40 kali atau lebih dalam selinder.

komponen pisoton mobil beserta fungsinya

Supaya semua fungsi piston dapat berjalan, maka piston didukung dengan komponen-komponen yang saling bekerja satu dengan lainnya untuk menjaga performa dari pisto tersebut.

Berikut komponen-koponen yang dimaksud:

  1. Ring Piston

Adapun fungsi ring piston adalah untuk menahan kerapatan antara piston dengan dingding selinder agar tidak ada kebocoran dalam gas dari ruang bakar ke bak mesin. berikut fungsi lain dari ring piston :

  1. Untuk menghisap dan mengkompresi muatan segar di dalam silinder
  2. Untuk mengubah tenaga gas ( selama ekspansi ) menjadi usaha mekanis.
  3. Untuk menyekat hubungan gas di atas dan di bawah piston.

2. Pen Piston

Pen piston terbuat dari bahan baja yang bermutu tinggi agar tahan terhadap bahan yang besar. berikut fungsi dari pen piston :

  1. Piranti yang berfungsi untuk mengikat piston terhadap batang piston.
  2. Piranti yang berfungsi untuk memindahlkan tenaga dari piston ke batang pston agar bisa melakukan gerakn bolak balik yang dapat diubah menjadi gerak berputar pada poros engkol

3. Stang Piston

Berikut fungsi dari Stang piston :

  1. Piranti yang berfungsi untuk menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi, batang piston ini akan meneruskan gerakan piston ke poros engkol tersebut.
  2. Piranti yang berfungsi untuk melakukan gerak bolak balik piston di dalam ruang silinder yang nantinya akan diteruskan oleh batang piston menjadi gerakan putaran ( rotary ) pada poros engkol tersebut.

Cara merawat komponen piston mobil

Untuk menjaga piston agar berfungsi maksimal, anda haus melakukan perawatan piston tersebut. berikut cara perawatannya :

  1. terlebih dahulu lepaskan piston dari dudukannya
  2. Rendam piston serta batangnya dalam cairan pembersih lalu keringkan
  3. Bersihkan kotoran alur piston yang tidak bisa di bersihkan dengan cairan pembersih tadi
  4. Amati alur ring piston anda, ap ada yang aus atau tidak pada umumnya kerusakan piston  karna mengalami keausan pada ringnya
  5. periksa ring piston apa ada keretan pada piston tersebut
  6. jika ada diketemukan masalah, jika ada anda harus segera melakukan service. lakukan hal ini dalam jangka waktu 6 bulan sekali.

Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.