MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Beberapa Komponen Mesin Motor Yang Bisa Anda Perbaiki Sendiri Di Rumah

November 23, 2021by adminGalleryImageMotor

Beberapa Komponen Mesin Motor Yang Bisa Anda Perbaiki Sendiri Di Rumah

November 23, 2021 by admin
PicsArt_11-26-10.45.55-1200x800.jpg

1. FILTER UDARA
Karena fungsinya menyaring udara yang masuk ke karburator, dalam jangka waktu tertentu perangkat ini bisa kotor tertutup debu. Bila itu sudah terjadi, untuk filter yang model sponge atau kertas bisa langsung dibersihkan.

Namun filter jenis viscos element harus diganti.

Membersihkannya tergantung dari bahan. Bila busa, tinggal celup dalam bensin lalu dikeringkan dengan cara memerasnya. Lakukan beberapa kali sampai dirasa benar-benar bersih.

2. KARBURATOR
Dari tangki, bensin kemudian disalurkan ke karburator. Dari perangkat ini, kemudian uap bensin terisap masuk ke ruang bakar. Dan agar suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak tersendat, maka karburator harus dibersihkan secara berkala.

Untuk membersihkannya, Tidak perlu bongkar karburator. membersihkannya bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih karburator melalui lubang venturi yang menempel pada boks filter udara.

3. RUANG BAKAR
Akibat dari proses pembakaran, biasanya ruang bakar akan ada penumpukan kerak. Terutama pada kubah kepala silinder. Dulu, untuk membersihkannya, harus membongkarnya.

Tapi sekarang dapat dilakukan sendiri oleh setiap pengguna motor. Caranya menyemprotkan cairan engine conditioner ke dalam ruang bakar.

“Melalui lubang busi. Lalu baru pasang lagi busi dan nyalakan mesin. Hasilnya kalau memang ruang bakar dalam kondisi kotor, maka asap hitam akan keluar dari knalpot. Lakukan beberapa kali, sampai asap item hilang,” tutur Asep, mekanik bengkel Padepokan Motor Sport, di Depok.

4. BUSI
Sama dengan ruang bakar, karena proses pembakaran terjadi kerak yang menempel pada kepala busi. Bila ini dibiarkan, maka proses pembakaran terganggu, akibat dari minimnya percikan api dari busi untuk membakar uap bensin.

Agar hal itu tidak terjadi, kepala busi harus dibersihkan dari kerak yang menempel. Caranya bersihkan bagian tersebut (elektrode bagian samping dan tengah) dengan ampelas atau bisa juga dengan sikat kawat.

5. RANTAI
Kendor, kering dan berdebu, membuat kinerja perangkat penghubung gerak roda belakang akan kurang maksimal. Nah untuk membuatnya kembali bekerja dengan maksimal, perlu dipasang ulang dengan jarak main 2,5-3 cm.

Jika rantai kering, bisa dilumasi dengan pelumas. Pastikan oli yang digunakan masih baru. “Cara yang lebih praktis lagi, dengan menyemprotkan chain lube. Selain jadi enggak kering, rantai juga bebas debu,”

Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.