MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tips Memilih Ban Mobil Yang Tepat

Tips Memilih Ban Mobil Yang Tepat

March 5, 2021 by BengkelSeal Team43
bengkelseal56.png

Ban mobil merupakan salah satu bagian terpenting dalam kendaraan, karena ban langsung berhubungan dengan permukaan jalan. Ban sendiri memiliki konstruksi yang sangat kompleks, meskipun Anda hanya bisa melihat bentuk ban secara sederhana dari bagian luarnya. Ban sendiri memiliki komponen meliputi Carcass atau casing, tread, sidewall, breaker, belt dan juga bead. Di mana setiap bagian memiliki fungsinya masing-masing, meskipun demikian setiap komponen ini saling berhubungan dan saling mendukung.
Memilih ban sendiri bukanlah hal yang semudah kelihatannya, karena Anda harus cermat dan teliti. Selain ketelitian saja Anda juga harus mengetahui kode-kode yang tertera sehingga Anda mengetahui ban yang tepat untuk mobil Anda, karena banyak orang yang masih bingung ketika memilih ban untuk kendaraannya.

Tips Memilih Ban Mobil Yang Tepat

1. Perhatikan Tipe Ban Mobil
Dalam melihat tipe ban ini Anda perlu memperhatikan huruf paling depan dari kode yang tertera, apabila huruf P berarti menunjukkan bahwa ban itu didesain untuk mobil penumpang. Kemudian huruf LT, menunjukkan bahwa ban tersebut didesain untuk truk yang beratnya sedang. Kemudian huruf ST, memberikan keterangan bahwa ban dikhususkan untuk truk trailer. Huruf T, berarti ban mobil ditujukan untuk cadangan mobil. Huruf R, berarti ban merupakan ban yang berjenis radial.

2. Memperhatikan Ukuran Ban
Bila Anda sudah mengetahui tipe bannya, Anda juga perlu mengetahui ukuran dari ban yang akan Anda gunakan. Biasanya angka ini berada di belakang huruf dari tipe ban tersebut, di mana angka tersebut menunjukkan ukuran velg mobil Anda. Pastikan Anda memilih ukuran yang sesuai, karena bila terlalu kecil ataupun terlalu besar maka akan membuat mobil Anda tidak nyaman ketika dikendarai.

3. Memperhatikan Lebar Ban
Kelebaran ban sangat mempengaruhi dengan daya cengkram serta akselerasi yang ditimbulkannya, semakin lebar ban maka daya cengkram nya akan semakin kuat begitu juga sebaliknya.

Tentunya masih banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan ban, seperti pola tapak, ketebalan ban, dan juga kode kecepatan yang ada pada ban. Jika Anda telah memilih ban yang tepat untuk mobil Anda, selanjutnya jangan lupa untuk merawatnya agar ban awet. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam perawatan ban mobil meliputi tekanan ban, rotasi dan spooring ban secara rutin.

 

Semoga Bermanfaat.


43 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!