MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Diganti !

Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Diganti !

March 4, 2021 by BengkelSeal Team0
bengkelseal.png

Tanda-Tanda Ban Mobil Harus Diganti !

Ban Berumur 3 Tahun
Ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis. Kelenturan karet ban akan terus berubah seiring waktu, semakin lama karet akan semakin berkurang elastisitasnya, hingga akhirnya menjadi getas karena kehilangan kelenturan.
Usia yang ideal dari ban mobil adalah 3 tahun, jadi sebaiknya setelah usia pakai ban mencapai 3 tahun segera ganti ban mobil sobat, walau kembangnya masih tebal karena mobil jarang digunakan. Jika lebih dari 3 tahun, hal yang paling terasa adalah ban tidak lagi memberikan kenyamanan. Karena sudah mengeras atau tidak lagi lentur.

Tapak Ban Tipis
Kondisi ini sering disebut juga ban mengalami kegundulan pada permukaannya. Ban mobil yang sudah gundul ini tentu harus segera diganti agar tak membahayakan pengendara kendaraan tersebut atau pengguna jalan lain.

Banyak Tambalan Pada Ban Mobil
Biasanya ban mobil yang bocor maka solusinya ditambal di jasa tambal ban pinggir jalan atau di gerai jual beli ban. Namun jika jumlah tambalan pada permukaan ban sudah terlalu banyak maka sebaiknya kamu mengganti ban tersebut.

Dinding Ban atau Sidewall Tire yang Robek
Jika permukaan atau tapak ban mobil bocor, maka solusi sementara bisa dengan ditambal. Namun jika sudah dinding ban yang mengalami kebocoran atau robek, tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan pemilik kendaraan, untuk itu ban perlu segera diganti.

Terdapat Benjolan Pada Permukaan Ban
Dikenal dengan istilah ban mobil benjol, kondisi ini biasanya menjadi indikasi pertama jika dinding ban akan robek atau pecah. Sebelum ban benar-benar pecah maka ada baiknya jika ban sudah benjol langsung diganti.

Karet Ban Mengalami Getas dan Pecah-pecah
Indikatornya permukaan ban terasa jauh lebih keras dibanding ban pada umumnya. Karet pada ban tidak lagi elastis biasanya akibat usia pakai ban yang sudah terlalu lama. Kondisi ban seperti ini sangat berbahaya karena sewaktu-waktu bisa meledak jika terkena benda tajam.

 

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.