MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Jenis-Jenis Aki Mobil

Jenis-Jenis Aki Mobil

February 28, 2021 by BengkelSeal Team0
bengkelseal53.png

Jenis-Jenis Aki Mobil

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis aki mobil yang umumnya dijual di pasaran yakni aki mobil basah atau aki mobil kering. Tetapi ternyata ada jenis aki mobil lainnya yang tersedia di pasaran.

  • Aki Mobil Basah
    Jenis aki mobil yang pertama adalah aki basah. Sesuai dengan namanya, di dalam aki mobil basah terdapat cairan elektrolit (air aki) yang membantu aki bekerja. Cairan tersebut mengandung timah antimony yang mudah menguap sehingga Anda perlu untuk mengecek secara berkala mengingat sifat cairannya yang mudah menguap dan cepat habis.
  • Aki Mobil Kering
    Jenis aki mobil yang kedua adalah aki kering atau biasa disebut aki maintenance free. Sesuai dengan namanya, aki ini tidak perlu mendapatkan perlakuan seperti aki basah. Walaupun sama-sama mengandung cairan elektrolit, aki kering mobil mengadung timah kalsium yang lebih lambat dalam proses penguapannya. Jika dibandingkan dengan timah antimony pada aki basah mobil, timah kalsium lebih hemat dalam proses penguapannya sehingga perawatan aki mobil kering tidak membutuhkan pengisian ulang cairan elektrolit seperti pada aki mobil basah.
  • Aki Mobil Kalsium
    Jenis aki mobil yang ketiga adalah aki kalsium. Mungkin Anda jarang mendengar jenis aki mobil ini karena memang faktanya jarang dijual di pasar Indonesia. Yang membedakan aki kalsium dengan kedua aki sebelumnya adalah kutub aki ini terbuat dari material kalsium.
    Kelebihannya adalah aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih kecil daripada aki pada umumnya. Selain itu, material kalsium pada kutubnya disebut-sebut sangat baik dalam menyalurkan listrik kepada seluruh komponen kelistrikan mobil. Namun sayangnya, aki kalsium masih kalah populer dengan aki mobil kering atau aki mobil basah.-
  • Aki Mobil Hybrid
    Aki hybrid merupakan gabungan atau kombinasi dari aki biasa dengan aki kalsium. Aki ini memiliki tingkat penguapan yang sangat minim dan tidak perlu mendapatkan perawatan yang terlalu rutin. Hanya saja, kekurangan dari aki mobil ini adalah cairan elektrolit di dalamnya yang sangat berbahaya bagi kulit manusia dan sulit ditemukan di toko-toko otomotif di Indonesia.
  • Aki Mobil Gel
    Jenis aki mobil yang terakhir adalah jenis aki mobil gel. Sesuai namanya, aki mobil ini tidak menggunakan cairan elektrolit di dalamnya, melainkan menggunakan gel. Tentu dengan perbedaan cairan didalamnya membuat aki mobil ini diklaim lebih minim perawatan ketimbang aki mobil lainnya di atas. Selain itu, sifat gel yang ramah terhadap kulit manusia membuat aki ini memiliki tingkat keamanan yang paling baik ketimbang yang lainnya. Oleh karena itu, aki mobil gel memiliki harga pasaran yang tinggi dan sulit dicari di Indonesia.

 

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.