MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Komponen Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

Komponen Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

February 23, 2021 by BengkelSeal Team0
bgklseal48.png

Komponen Penyebab Mobil Kurang Bertenaga

Secara umum, tekanan kompresi yang melemah disebabkan karena adanya kebocoran kompresi mesin mobil. Karena kompresi lemah, terjadilah penumpukan kerak karbon di ruang mesin dan semakin memperburuk kinerja mesin mobil kamu. Kebocoran kompresi terjadi bisa dimana saja dan biasanya kompresi mesin melemah dikarenakan terjadinya celah atau kerenggangan pada ruang bakar menuju luar.
Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan beberapa komponen mesin akan melemah. Oleh karena itu, timbul suatu celah di beberapa komponen mesin mobil. Apa saja sih komponen yang rentan terjadinya celah sehingga menyebabkan mesin mobil kurang bertenaga, yuk simak di bawah ini.

Ring piston mesin mobil

Komponen penyebab mesin mobil kurang bertenaga yang pertama adalah keausan ring piston. Bagian luar ring piston akan terus bergesekan dengan dinding silinder saat mesin dihidupkan. Gesekan yang secara terus menerus terjadi ini, akan menimbulkan friksi yang sangat kecil. Namun lama kelamaan akan menjadi besar dan efeknya akan terasa dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih jika tidak dilakukan penggantian oli secara berkala. Oleh sebab itu, untuk mengurangi friksi yang membesar, jangan pernah lupa untuk melakukan penggantian oli mesin mobil.

Blok silinder mesin mobil

Selain komponen ring piston, komponen blok silinder yang aus juga bisa menyebabkan mobil kurang bertenaga. Blok silinder adalah jalur pergerakan ring piston dimana akan semakin aus jika pelumasan di komponen itu kurang. Pada umumnya, blok silinder memiliki kekuatan yang lebih ketimbang dengan ring piston tetap tidak menutup kemungkinan keausan blok silinder terjadi lebih cepat dari yang dibayangkan.
Penyebab ausnya blok silinder hingga menyebabkan mesin tidak bertenaga adalah kurangnya pelumasan di bagian itu. Pada dasarnya oli mesin yang akan mencegah timbulnya friksi antara ring piston dan blok silinder. Kalau olinya kurang, maka keausan kedua komponen ini juga akan lebih cepat terjadi dan jadi membuat mobil kurang bertenaga.

Kebocoran klep atau katup

Penyebab mobil kurang bertenaga lainnya adalah kebocoran pada klep atau katup. Katup atau klep berfungsi sebagai pintu masuk material (udara dan bensin) dari intake, dan sebagai pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot.
Saat ini, mesin mobil banyak yang menerapkan sistem double katup (DOHC) yang artinya dalam satu silinder terdapat dua buah katup intake dan dua buah katup exhaust. Sistem DOHC ini akan semakin memperlancar pemasukan dan pengeluaran material terhadap mesin, namun kalau ada penyetelan celah katup yang kurang tepat justru akan menurunkan tekanan kompresi mesin atau menjadikan mobil kurang bertenaga.

Packing/gasket kepala silinder

Penyebab lainnya mobil kurang bertenaga adalah komponen packing atau gasket yang sudah robek atau berumur. Packing atau gasket kepala silinder berfungsi merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder yang sama-sama berbahan logam. Tanpa gasket, maka akan terjadi kebocoran kompresi pada sambungan ini. Jadi gasket atau packing berperan penting untuk mencegah kebocoran kompresi pada bagian blok silinder bawah dengan blok silinder atas.

Seal Busi

Penyebab lainnya mesin mobil kurang bertenaga adalah komponen seal busi yang retak atau robek. Seal busi umumnya akan diganti dalam setiap penggantian busi, seal ini sudah sepaket dengan busi (menempel di ulir busi) jadi kalau Anda mengganti busi mobil maka seal busi otomatis akan terganti. Namun, jika Anda mengganti busi dengan busi lain yang tidak sesuai dengan rekomendasi ukuran, tentu kerja busi tidak akan maksimal sehingga mesin mobil menjadi tidak bertenaga.

 

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.