MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Mobil Cepat Panas

Penyebab Mobil Cepat Panas

February 19, 2021 by BengkelSeal Team8
bgklseal45.png

Kondisi mesin mobil cepat panas tentu bukan masalah yang harus dibiarkan begitu saja. Mesin mobil cepat panas atau overheating menunjukkan jika terdapat masalah pada mesin kendaraan . Sehingga perlu diketahui dengan pasti penyebabnya sehingga Anda bisa segera melakukan perbaikan pada mesin kendaraan. Umumnya kondisi seperti ini biasanya terjadi pada mobil yang sudah tua, namun tak menutup kemungkinan ini bisa juga terjadi pada mobil yang masih baru.

Penyebab Mobil Cepat Panas

Radiator dan Selang Radiator
Salah satu hal yang menjadi penyebab mesin mobil cepat panas yaitu pada radiator dan selang radiator yang mengalami kebocoran. Sehingga pastikan jika kondisi radiator dan selang selalu dalam kondisi baik serta tidak mengalami penyumbatan. Jika terjadi kerusakan pada radiator mobil Anda ataupun hal lainnya yang menyebabkan mesin mobil cepat panas maka Anda harus segera membawanya ke spesialis radiator agar bisa mengatasi kerusakan yang ada pada radiator dan selang radiator.

Penggunaan Cairan Radiator Yang Tidak Tepat
Penyebab lain dari kondisi mesin mobil cepat panas adalah pada penggunaan cairan di dalam radiator yang tidak tepat. Jika Anda menggunakan air biasa sebagai cairan pengisi radiator maka tentu saja membuat kondisi di dalam radiator menjadi cepat kotor. Mengapa? Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam air biasa menyebabkan banyak logam, mineral ataupun unsur lainnya yang akan menyebabkan kerak di dalam elemen radiator.

Sirkulasi Radiator Yang Tidak Lancar
Penyebab mesin mobil cepat panas lainnya datang lagi dari kondisi radiator yang kurang baik, tepatnya dikarenakan sirkulasi air yang ada di dalam radiator kurang lancar. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan cairan radiator yang kurang tepat. Sehingga malah membuat adanya karat ataupun kotoran yang menempel di dalam komponen radiator yang akan membuat sirkulasi cairan radiator menjadi kurang lancar.

Kualitas Oli Mobil
Kualitas dari oli mobil yang digunakan akan menjadi penyebab dari mesin mobil cepat panas. Oli dengan kualitas yang rendah akan cepat menyebabkan mesin mengalami overheating, bahkan membuat mesin mobil dapat mati mendadak ketika sedang dikendarai. Hal ini dikarenakan oli berkualitas rendah biasanya tidak terlalu memiliki kemampuan yang tinggi untuk bisa menahan panas yang berlebihan. Karena tidak mampu menahan panas yang dihasilkan mesin sehingga menyebabkan volume oli mobil menjadi cepat berkurang yang akan membuat kerja mobil menjadi tidak maksimal serta membuat mesin menjadi cepat rusak.

Thermostat Yang Rusak
Thermostat merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengukur suhu pada mesin kendaraan, dapat dikatakan jika thermostat adalah komponen yang cukup vital pada sistem engine cooling. Sehingga jika kondisi thermostat mengalami kerusakan, maka tentu saja menyebabkan kerja thermostat sebagai pengukur temperatur menjadi tidak tepat. Sehingga lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui jika kondisi thermostat baik baik saja atau tidak.

Kipas Mengalami Trouble
Penyebab lainnya bisa berasal dari kondisi kipas radiator yang mengalami trouble ataupun tidak bekerja pada umumnya. Tentunya kinerja yang tidak maksimal ini membuat sensor switching yang ada tidak akan dapat membaca tindakan yang ada. Misalnya saja jika seharusnya switching bisa menerima sensor agar dapat menyalakan kipas pendingin, namun saat sensor sedang mengalami kerusakan maka membuat kipas pendingin tidak dapat berputar seperti normalnya.

Penggunaan BBM Yang Tidak Tepat
Tak hanya penggunaan oli yang tidak tepat saja yang akan menyebabkan mesin menjadi cepat panas, penggunaan BBM yang tidak sesuai dapat menyebabkan kondisi serupa. Hal ini karena kadar oktan dari bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mobil sehingga nantinya membuat mobil knocking. Jika dibiarkan terus menerus membuat kondisi mesin menjadi cepat panas. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan sesuai dengan spesifikasi mobil yang Anda gunakan.

 

Semoga Bermanfaat.


8 comments

  • Domingo Benefield

    June 25, 2023 at 8:59 am

    I’m extremely impressed together with your writing talents and also with the format in your weblog. Is this a paid theme or did you customize it your self? Either way stay up the nice high quality writing, it is rare to look a great blog like this one nowadays..

  • ERC-20 Token Contract Generator

    August 24, 2023 at 6:31 am

    Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts. After all I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

  • Alejandra

    September 20, 2023 at 11:51 am

    Filled with cheese and vegetables, this fabulous keto recipe requires you to dry the cauliflower out, by baking it into “slices of bread” and then stacking it up with good-quality, organic cheddar cheese. Our bodies then turn to the glucose stored in our muscles as glycogen for fuel. If you need more for breakfast do 3 carb choices and then 1 for a snack instead of 2 choices. We can then broadly play back our understanding of the targeted conjectural lchf. Even though I did exercise most of the winter I also managed to eat more than I burned off and now need to get back in shape. I’m going to now share with you 2 super-foods that if eaten often (several times a week) may assist you to shed a few additional inches. This is a plan I am using right now to get my carbohydrate intake back on track, shrink my stomach and eventually lose some winter weight gain from my waistline. Here are some quick tips if you want to try this plan for yourself. Try not to go over 15 choices total even if it is a free day. Try eating extra of these choices of foods all through the week and at the equivalent instance lowering the sum of carbs that you eat and you should discover that you can go a lot longer between meals.

  • 20bet

    September 22, 2023 at 9:44 am

    Your article gave me a lot of inspiration, I hope you can explain your point of view in more detail, because I have some doubts, thank you. 20bet

  • Firefly - Casual Fine Dining

    November 9, 2023 at 7:27 am

    of course like your web-site however you have to check the spelling on quite a few of your posts. Several of them are rife with spelling issues and I find it very troublesome to tell the reality however I will certainly come again again.

  • nimabi

    November 26, 2023 at 12:00 am

    Thank you very much for sharing, I learned a lot from your article. Very cool. Thanks. nimabi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.