MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Ciri Gejala Awal Kerusakan Mobil Transmisi Matic

Ciri Gejala Awal Kerusakan Mobil Transmisi Matic

February 17, 2021 by BengkelSeal Team0
bgklseal44.png

Ciri Gejala Awal Kerusakan Mobil Transmisi Matic

 

Suara aneh saat memindahkan transmisi

Suara seperti ini dapat terjadi ketika perpindahan transmisi dari N ke D, atau bisa juga dari P ke R, biasanya muncul suara “krek” atau “trek” atau suara aneh lain yang tidak biasanya terdengar, jika mobil Anda mengalami hal tersebut bisa jadi tanda-tanda kerusakan pada sistem transmisi otomatis.

Tarikan terasa berat atau kadang-kadang tersendat

Biasanya mesin juga bergetar atau menghentak sedikit ketika pedal gas di injak dan pedal rem di lepas sedikit demi sedikit, jika seperti itu kemungkinan kerusakan ada 2, yang pertama pada transmisi matic berjenis elektrik kemungkinan kerusakan pada solenoid pressure atau TCM speed sensor, nah kalau yang kedua pada mobil matic dengan jenis transmisi otomatis konvensional pada umumnya penyebab bisa oli mesin yang bocor atau sudah lama tidak diganti dan kotor sehingga tekanan tidak mampu mengangkat perpindahan gigi pada putaran mesin tertentu.

Bergetar saat dikendara

Ketika Anda coba untuk berkendara terasa ada getaran yang tidak biasa dari mesin, kemungkinan besar kampas kopling sudah aus atau kemungkinan terburuk malah sudah gosong.

Perpindahan transmisi kadang tersendat

Jika sudah mengalami tanda seperti itu kemungkinan gangguan pada mekanikal transmisi jika didiamkan hal tersebut bisa semakin parah dan gigi transmisi bisa terkunci, itu sangat berbahaya, umumnya terjadi pada mode transmisi mundur (R). Coba cek pada kabel gearbox apakah mengelupas atau tidak.

Ada hentakan saat perpindahan gigi otomatis

Pada mobil matic keluaran terbaru, umumnya perpindahan gigi terasa halus walaupun terasa sedikit masih dapat dikategorikan normal, namun jika sudah terasa sekali hentakannya seperti ada yang menabrak dari belakang Anda patut curiga, bisa jadi kerusakan awal pada sistem elektronik atau mekanisnya seperti kebocoran pada selenoid pressure sehingga oli tidak dapat melumasi sempurna ketika gigi berpindah pada putaran mesin tertentu.

Konsumsi bahan bakar menjadi boros

Sangat umum terjadi pada mobil, hal ini dikarenakan torsi mesin mobil tidak dapat disalurkan secara maksimal ke roda sehingga perlu putaran mesin lebih sehingga konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi boros.

 

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.