MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Jenis Kompresor dan Cara Kerjanya

Jenis Kompresor dan Cara Kerjanya

February 6, 2021 by BengkelSeal Team8
bgklseal35.png

Jenis Kompresor dan Cara Kerjanya

Jenis kompresor dalam dunia industri maupun rumah tangga dibedakan dalam tiga jenis. Salah satu kategori unsur pembeda jenis kompresor tersebut didasarkan pada cara kerjanya. Apa saja tiga jenis kompresor tersebut beserta cara kerjanya? Berikut beberapa di antaranya yang perlu untuk Anda pahami.

– Kompresor Piston
Jenis kompresor yang pertama adalah kompresor piston. Seperti namanya, jenis kompresor ini menggunakan silinder dan piston dalam menempatkan sebuah gas yang ada pada tabung. Pada umumnya, jenis kompresor ini banyak digunakan untuk gas dengan tekanan yang tinggi. Untuk menunjang kinerja dari kompresor piston ini dibutuhkan sebuah oli atau pelumas untuk melumasi bagian mesin kompresor.
Tujuannya agar kompresor dapat berjalan dengan baik. Dikhawatirkan kekurangan oli atau pelumas dapat merusak sistem kerja kompresor. Keunggulan untuk jenis kompresor ini adalah memiliki kekuatan kompresi dan banyak digunakan untuk mesin maupun AC.

Kompresor Sentrifugal
Berikutnya adalah jenis kompresor sentrifugal. Cara kerja dari kompresor jenis ini sebenarnya masih menggunakan piston. Namun, piston sebagai penggeraknya tidak terletak pada satu unit saja. Penggerak kompresor ini juga bisa dengan menggunakan gear box atau pully pada saat kondisi tertentu. Uniknya, gas atau pun udara yang dipindahkan menggunakan kompresor ini akan bergerak searah jarum jam. Penggunaan kompresor sentrifugal banyak diperlukan untuk memindahkan gas dalam jumlah besar dan cepat, terutama pada tekanan yang rendah.

– Kompresor Rotari
Terakhir ialah jenis kompresor rotari. Sistem kerja pada kompresor rotari menggunakan ulir atau screw yang bisa berputar sendiri dalam silinder. Silinder inilah yang mampu mendorong udara maupun gas searah dengan putaran ulir. Dalam memindahkan gas, kompresor ini juga menggunakan valve dan memanfaatkan tekanan berbeda. Adapun kelebihan dari kompresor rotari ialah memiliki suara yang tidak bising. Selain itu, getarannya juga lebih kecil bila dibandingkan jenis kompresor lainnya sehingga banyak digunakan untuk pompa angin dan peralatan lainnya.

 

Semoga Bermanfaat.


8 comments

  • nimabi

    December 2, 2023 at 11:45 pm

    Thank you very much for sharing, I learned a lot from your article. Very cool. Thanks. nimabi

  • Luckycola

    December 12, 2023 at 2:40 am

    Uncharted realms await – are you ready to claim your destiny? Lucky cola

  • Phone Tracker Free

    January 12, 2024 at 1:40 pm

    This can be annoying when your relationships are disrupted and her phone cannot be tracked. Now you can easily perform this activity with the help of a spy app. These monitoring applications are very effective and reliable and can determine whether your wife is cheating you.

  • Śledź telefon

    February 10, 2024 at 7:28 am

    Najlepsza aplikacja do kontroli rodzicielskiej, aby chronić swoje dzieci – potajemnie tajny monitor GPS, SMS-y, połączenia, WhatsApp, Facebook, lokalizacja. Możesz zdalnie monitorować aktywność telefonu komórkowego po pobraniu i zainstalowaniu apk na telefonie docelowym.

  • Pingback: aksara178

  • Pingback: พอตไฟฟ้า

  • Pingback: can you buy magic mushrooms online

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!