MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tidak Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Motor !

Tidak Disadari, Kebiasaan Ini Bisa Merusak Motor !

January 28, 2021 by BengkelSeal Team1
bgklseal-30-1200x1200.png

Tak Disadari, Kebiasaan ini Bisa Merusak Motor!

Membiarkan filter udara kotor
Sebagaimana namanya, filter udara memiliki fungsi utama yaitu untuk menyaring udara dari luar yang akan masuk ke dalam mesin motor. Jika kondisi filter udara tersebut tidak pernah dibersihkan, maka akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros serta tarikan mesin yang lebih berat.
Udara sejatinya dibutuhkan dalam proses pembakaran, karena selain bahan bakar minyak, udara juga akan masuk bersama bahan bakar ke dalam proses pembakaran. Jika udara yang masuk kotor, maka akan lebih banyak debu yang masuk dibanding dengan udara bersih, tentu pembakaran hanya akan bertumpu pada bahan bakar tanpa adanya udara yang bersih.

Menunda isi angin ban
Ban terasa aneh, motor pun sering kurang stabil saat melaju kencang. Biasanya, hal ini diakibatkan kurangnya tekanan angin pada ban. Ban kurang angin bisa membuat permukaannya terkoyak dan pelek bengkok.

Tidak rutin mengganti oli
Penggunaan oli harus diperhatikan karena memiliki dampak yang signifikan pada mesin apabila tidak dirawat. Oli memiliki fungsi utama mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin sehingga mesin dapat berjalan dengan mulus, juga dapat berfungsi mendinginkan suhu mesin maka ada ucapan bahwa oli dapat menghemat bahan bakar.
Biasakan untuk mengganti oli secara rutin biasanya setelah menempuh jarak 2.000 km, oli sudah dapat diganti. Untuk motor matic, selain oli mesin juga terdapat oli gardan yang juga perlu diganti secara rutin.

Memakai bensin oplosan
Biasanya ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin berhemat. Hal ini disebabkan oleh bensin oplosan bukanlah bensin murni dan sudah dioplos dengan bahan lain.
Kalau terus memakai bensin ini, mesin motor akan rusak dan menimbulkan korosi. Lebih baik kamu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli bensin di SPBU agar motor tetap awet.

Mencuci Motor di bawah sinar matahari
Kebanyakan orang mencuci motornya di bawah terik matahari dengan tujuan motor cepat kering. Namun hal ini ternyata salah besar. Cuci motor di bawah terik matahari bisa membuat warna bodi motor belang. Apalagi, kamu menggunakan sabun yang bukan untuk khusus motor.

Menggunakan sparepart palsu/KW
Sipenjual pun sering mengklaim sparepart KW tidak jauh beda kualitasnya dengan sparepart asli. Tak disadari, motor bisa lebih mudah rusak. Kamu bisa lebih banyak mengeluarkan uang untuk perbaikan.

 

Semoga Bermanfaat.


One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.