MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Indikator Bensin Tidak Berfungsi

Penyebab Indikator Bensin Tidak Berfungsi

January 28, 2021 by BengkelSeal Team31
bgklseal29-1200x1200.png

Penyebab Indikator Bensin Motor Tidak Berfungsi

1. Bahan Bakar Habis
Pasti sudah jelas lah jika bensin atau bahan bakar habis pastinya indikator atau jarum penunjuk bensin tidak akan gerak atau naik

2. Baterai Soak Atau Rusak
Karena kondisi indikator bensinnya menggunakan arus DC (searah) dari aki atapun baterai, dan maka jika baterai soak atau rusak ataupun malah hilang maka tidak terdpat arus listrik ke jarum penunjuk maka dari itu jarum tidak bergerak. Kecuali jika jarum pada penunjuk bensin memanfaatkan arus listrik dari spul penerangan.

3. Pelampung Bahan Bakar Rusak
Untuk mengecek apakah pelampung rusak itu juga lumayan mudah, Lepaskan soket kabel ke pelampung dan selanjutnya jumper soket atau hubungkan dengan kabel. Jika jarum indikator penunjuk bergerak maka dapat dipastikan pelampung yang bermasalah dan jika tetap tidak bergerak berarti pelampung belum tentu rusak, maka lanjutkan pemeriksaan dengan AVO meter untuk mengecek rangkaiannya.
Jika memang pelampung yang bermasalah jangan langsung kita vonis pelampung rusak. kita harus memeriksa terlebih dahulu dengan melepaskan pelampung dari tangki kemudian cek keadaan visual serta cek dengan AVO meter untuk kedua kabelnya kemudian gerakkan pelampung naik turun. Jika jarum indikator bergerak maka pelampung masih baik dan juga sebaliknya.

4. Jalur Perkabelan Atau Skema Kelistrikan Putus
Jelas jika pada jalur atau skema indikator bensin telah putus pastinya tidak ada arus ke jarum penunjuk dan alhasil jarum indikatornya tidak bisa bergerak lagi.

5. Kerusakan Pada Spedo Jarum Jarum Penunjuk
Nah untuk kali ini permasalahan yang sedikit merepotkan dikalau perangkat ini mengalami kerusakan. kita diharuskan membongkar batok spedometer beserta semuanya serta cek dengan AVO meter dikalau memungkinkan dan jika kerusakan terlalu parah alangkah baiknya untuk mengganti speedometer yang baru.

 

Semoga Bermanfaat.


31 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.