MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Penyebab Aki Mobil Rusak

Penyebab Aki Mobil Rusak

January 16, 2021 by BengkelSeal Team6
bgklseal19.png

Penyebab Aki Mobil Rusak

Mobil membutuhkan aki agar bisa menyala dan berjalan. Lampu dan komponen listrik lainnya membutuhkan aki sebagai suplai utama agar menyala. Jika aki mobil rusak, akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, aki yang sudah lemah atau aki mobil soak bisa mengakibatkan mobil tidak bisa distarter dan bagian lainnya tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Mobil jarang digunakan/dipanaskan
Salah satu penyebab aki mobil soak adalah karena mobil jarang digunakan. Hal ini disebabkan karena aki tidak mendapat suplai kelistrikan yang cukup sehingga membuat kapasitas aki kurang optimal. Oleh karena itulah Sahabat wajib membawa mobil bepergian paling tidak satu kali seminggu agar asupan listrik ke aki selalu optimal yang otomatis membuat masa pakainya lebih lama.

Penggunaan mobil yang intense
Penyebab aki mobil soak lainnya adalah dikarenakan intensitas penggunaan mobil yang tinggi. Mobil yang digunakan secara terus-menerus membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga aki bekerja terlalu ekstra yang otomatis akan mengurangi umur pakainya. Semua komponen mobil memang memiliki masa pakai, dan akan cepat rusak apabila dipakai secara terus menerus.

Air aki habis
Salah satu kelebihan aki mobil tipe basah adalah bisa diisi ulang sehingga membuat masa pakainya lebih lama dan perawatannya lebih mudah. Namun seringkali pemilik aki basah lupa melakukan pengecekan. Tau-tau air aki sudah habis, sehingga membuat aki tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Apabila hal ini dibiarkan saja maka akan terjadi aki mobil soak, jadi sangat disarankan untuk selalu mengecek air aki sebelum bepergian.

Kapasitas aki mobil kecil
Seperti yang kami sampaikan di atas, kita jangan asal memilih aki mobil. Pastikan kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan kelistrikan mobil yang kita miliki. Apabila aki yang digunakan kapasitasnya terlalu kecil maka bisa mengakibatkan over suplai yang bisa berakibat usia pakai aki berkurang dan aki mobil cepat soak.

Aksesoris mobil yang berlebihan
Memodifikasi mobil merupakan salah satu hobi yang mengasyikan. Sering kali pemilik mobil melakukan modifikasi dengan menambahkan sistem audio tanpa memperhatikan kapasitas aki mobil.
Sistem audio memang membutuhkan daya listrik cukup besar, sehingga kita harus menyesuaikannya dengan kapasitas aki yang digunakan. Apabila hal tersebut dibiarkan saja, maka lama-kelamaan daya aki tersedot habis, sehingga berpotensi merusak aki mobil sering tekor atau soak.

Penggunaan Lampu Projector/Lampu HID
Tak hanya sistem audio, penggunaan lampu yang tak sesuai standar juga menjadi salah satu penyebab aki mobil soak. Sebelum memodifikasi mobil dengan menambahkan sistem audio, lampu HID dan lampu projector, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu berapa daya yang dibutuhkan, sehingga kita bisa mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar agar kebutuhan dayanya sesuai.

Usia aki sudah tua
Semakin bertambahnya umur mobil, berbanding lurus dengan umur aki mobil. Tentunya kemampuan menyimpan dayanya akan semakin berkurang. Alhasil kamu harus membeli aki baru yang kondisinya masih normal. Setidaknya penggantian aki mobil bisa dilakukan setiap 2-3 tahun sekali, sehingga mobil bisa terhindar dari mogok dikarenakan tidak bisa distarter.

Jump Start aki mobil
Nah, apabila aki mobil soak di jalan secara tiba-tiba, ada salah satu solusi yang bisa kamu lakukan yakni, Jump Start aki. Jump start sebetulnya adalah istilah di mana satu mobil membantu mobil lain supaya tetap bisa menyala menggunakan aki yang masih bagus. Perlu diketahui, bahwa melakukan jump start harus tetap memperhatikan jumper yang dipergunakan. Bagaimana kutub dari jumper aki tak boleh bersentuhan saat sudah direkatkan pada aki yang masih sehat.

 

Semoga Bermanfaat.


6 comments

  • blog

    October 31, 2022 at 9:08 pm

    If you would like to take a great deal from this post then you have
    to apply these strategies to your won website.

  • slot gacor

    November 10, 2022 at 10:38 am

    Hey just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your post seem to be running off the screen in Firefox.
    I’m not sure if this is a format issue or something
    to do with internet browser compatibility but I thought
    I’d post to let you know. The style and design look great though!

    Hope you get the problem fixed soon. Kudos

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.