MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Macam-Macam Industri

Macam-Macam Industri

December 30, 2020 by BengkelSeal Team0
bgklseal7.png

Macam-Macam Industri

 

  1. Industri Primer

Industri primer berkaitan dengan produksi barang dengan bantuan alam. Ini adalah industri yang berorientasi alam, yang membutuhkan usaha manusia yang sangat sedikit. Contohnya Pertanian, kehutanan, perikanan, hortikultura, dan yang lain seperti contoh industri nonekstraktif.

  1. Industri Sekunder

Industri ini akan terlibat dalam produksi ulang dan perbanyakan rempah tanaman dan hewan tertentu dengan objek penjualan. Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan tersebut. Misalnya pembibitan tanaman, pemeliharaan ternak sapi, unggas, peternakan, dll.

  1. Industri Ekstraktif

Industri ekstraktif berkaitan dengan ekstraksi atau pengambilan barang dari tanah, udara atau air. Umumnya produk industri ekstraktif masuk dalam bentuk mentah dan digunakan oleh industri manufaktur dan konstruksi untuk memproduksi produk jadi. Misalnya industri pertambangan, mineral batubara, industri minyak, bijih besi, ekstraksi kayu dan karet dari hutan, dll.

  1. Industri Manufaktur

Industri manufaktur bergerak dalam mentransformasikan bahan baku menjadi produk jadi dengan bantuan mesin dan tenaga kerja. Barang jadi bisa berupa barang konsumsi atau barang barang. Misalnya tekstil, bahan kimia, industri gula, industri kertas, dll.

  1. Industri Konstruksi

Industri konstruksi mengambil pekerjaan konstruksi bangunan, jembatan, jalan, bendungan, kanal, dan lain-lain. Industri ini berbeda dengan industri jenis lain karena dalam hal barang industri lain dapat diproduksi di satu tempat dan dijual di tempat lain. Tapi barang yang diproduksi dan dijual oleh industri konstruktif dipasang di satu tempat.

  1. Industri Jasa

Di zaman modern, sektor jasa memainkan peran penting dalam pembangunan bangsa dan oleh karena itu dinamai sebagai industri jasa. Industri utama, yang termasuk dalam kategori ini, meliputi industri perhotelan, industri pariwisata, industri hiburan, dll yang merupakan penjabaran dari contoh industri fasilitatif.

  1. Industri Kuarter

Merupakan industri yang melibatkan penggunaan industri teknologi tinggi. Orang-orang yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan ini sering berkualifikasi tinggi dalam bidang pekerjaan mereka. Perusahaan riset dan pengembangan adalah tipe bisnis yang paling umum di sektor ini merupakan salah satu contoh industri menengah

  1. Hasil Barang

Semua perusahaan akan menghasilkan barang produksi sama terkait dalam satu atau dengan lain cara. Contohnya:

Bahan baku kapas diekstraksi oleh industri primer

Kapas kemudian bisa diubah menjadi barang pakaian di industri sekunder.

Industri tersier dapat mengiklankan barang di majalah dan surat kabar.

Industri kuartener mungkin melibatkan produk yang diiklankan atau diteliti untuk memeriksa apakah item pakaian memenuhi standar yang diklaimnya juga.

 

 

Semoga Bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.