MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Apa Itu Tenaga (Power) Motor ?

December 5, 2020 by BengkelSeal Team0

Tenaga Motor (Power)

 

Daya atau tenaga motor adalah nilai yang menunjukkan saat sebuah gaya dilakukan. Daya kuda didapatkan dengan mengalikan Torsi dengan RPM.

Tenaga atau daya kuda merupakan satuan untuk mengukur daya keluaran pada mesin yang bekerja dengan faktor waktu tertentu. Daya ini akan berhubungan dengan kecepatan kendaraan.

Power (HP) di sebuah sepeda motor berperan untuk memperoleh kecepatan maksimal. Pada putaran atas umumnya sepeda motor yang memiliki HP yang besar akan mencapai top speed yang tinggi. Selain HP (Horse Power), satuan Daya Motor juga terbagi ke dalam satuan KW, DK, PS, PK dan BHP A.

Perbedaan Karakteristik Motor Torsi Besar dan Power Besar

 

Umumnya sepeda motor yang memiliki spesifikasi power besar memiliki fairing (baju) lengkap layaknya motor balap (motogp). Sedangkan yang memiliki spesifikasi torsi besar umumnya berbentuk “naked-bike” atau telanjang seperti yang biasa anda lihat dijalanan atau bahkan motor offroad (supermoto).

Motor yang unggul pada torsi memang cepat mencapai kecepatan tertentu, namun batas kecepatan maksimumnya tetap dibawah motor bertenaga (power) besar. Karakteristiknya motor yang berfokus pada torsi nafasnya lebih pendek jika dibandingkan dengan motor yang berfokus pada “power”.

Hal ini akan anda rasakan pada putaran bawah (gear-gear awal) motor torsi besar cepat sekali minta naik gear (nafas pendek), sedangkan motor bertenaga (power) besar akan lebih lama menuntut pindah gear (nafas panjang).

Jika anda mengadu kecepatan motor berpower besar dengan motor bertorsi besar di trek lurus dan panjang pasti unggul motor yang memiliki power besar. Sebaliknya, jika di trek panjang tapi setiap 100 meter di pasang polisi tidur atau tikungan-tikungan ekstreme, maka motor yang memiliki torsi besar pasti unggul.

 

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.