MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tips Merawat Velg Motor Agar Tetap Awet

Tips Merawat Velg Motor Agar Tetap Awet

November 27, 2020 by BengkelSeal Team1
velg.jpg

Velg pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting yang harus rutin diperhatikan kondisinya, Jenis Velg Motor Maupun Velg Mobil. Terutama sebelum Anda berkendara jarak jauh. Hal ini dikarenakan velg berhubungan langsung dengan ban motor. Kondisi velg yang tidak prima tentu akan mempengaruhi pengalaman Anda selama berkendara di jalanan.

Tak hanya itu, hal buruk pun bisa terjadi jika Anda memaksakan diri berkendara motor menggunakan velg yang bengkok, rusak ataupun retak. Seperti ban motor yang oleng atau bahkan dapat menyebabkannya bocor halus.

 

Tips Merawat Velg Motor Agar Tetap Awet

  • Selalu jaga kebersihan velg motor

Menjaga kebersihan motor menjadi salah satu tugas wajib para pemilik kendaraan. Tentunya Anda tidak maukan berkendara dengan motor yang kusam dan kotor? Nah, kondisi velg menjadi salah satu yang tak boleh luput dari perhatian.

Meski tak banyak yang memperhatikan, tapi velg menjadi salah satu yang terlihat jelas saat motor digunakan berkendara di jalan raya. Untuk itu kebersihannya pun perlu Anda perhatikan secara rutin.

Kondisi velg yang bersih tak hanya membuat tampilan motor Anda jauh lebih menawan. Namun juga terhindari dari terjadinya korosi atau karatan. Terlebih jika Anda baru saja menggunakan motor tersebut berkendara untuk menerobos hujan. Air hujan yang mengenai velg motor bisa menyebabkan komponen tersebut berkarat dengan cepat. So, Anda harus segera membersihkannya dengan air bersih, ya.

 

  • Menghindari jalanan yang berlubang

Dengan berkendara menghindari jalanan berlubang bisa menjadi upaya Anda dalam merawat velg motor. Karena saat melewati jalanan berlubang, terjadi benturan antara ban motor dengan aspal. Jika benturan tersebut terlalu keras bisa menyebabkan velg motor bengkok atau bahkan retak.

Anda tentu tidak mau mengalami hal tersebut, kan? Maka dari itu, hindari ya melewati jalanan berlubang. Jika terpaksa harus melewati tersebut, pastikan Anda menurunkan kecepatan dan melewatinya dengan perlahan.

  • Setel velg motor secara berkala

Jika kendaraan yang Anda tunggangi menggunakan jenis velg motor berjari. Maka perlu disetel secara berkala agar jari-jari velg tetap kokoh dan nyaman saat digunakan berkendara. Karena biasanya, kekokohan jari-jari pada velg akan menurun seiring dengan penggunaan kendaraan.

Idealnya, 6 bulan adalah waktu paling direkomendasikan untuk melakukan penyetelan velg. Namun tak ada salahnya jika Anda ingin melakukannya setiap sebulan sekali. Terlebih jika Anda baru saja melewati jalanan yang berkerikil, berlubang dan sejenisnya.

  • Pastikan tekanan ban motor ideal

Seringkali diabaikan, tekanan angin pada ban motor juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi velg, lho. Tekanan ban motor yang terlalu rendah akan menyebabkan pengalaman berkendaramu kurang nyaman. Karena velg motor bisa merusak permukaan dalam ban motor hingga menyebabkan bocor halus. Tak hanya itu, velg motor Anda juga bisa penyok jika dipaksa berkendara dengan tekanan ban yang rendah secara terus menerus.

 

 

Semoga Bermanfaat.

 


One comment

  • special

    November 26, 2022 at 12:45 pm

    Hey are using WordPress for your site platform? I’m new to
    the blog world but I’m trying to get started
    and set up my own. Do you need any coding expertise to make your own blog?
    Any help would be really appreciated!

    my web page; special

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.