MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Apa Itu Research Octane Number ?

Apa Itu Research Octane Number ?

November 25, 2020 by BengkelSeal Team0
RON-bbm-1.jpg

Nilai Oktan sebuah bahan bakar yang paling umum di seluruh dunia adalah nilai Research Octane Number ( RON ).

Oktan adalah istilah yang diambil dari salah satu molekul penyusun bahan bakar bensin yakni Oktana (C8). Bilangan oktan menentukan apapun tekanan yang bisa diberikan pada bensin sebelum terbakar spontan.

Di dalam mesin, campuran bensin dan udara akan gerakan piston hingga volume campurannya menjadi sangat kecil. Setelah itu campuran akan dibakar oleh percikan api dari busi untuk menghasilkan tenaga yang menggerakkan roda.

Sebelum busi dibakar, campuran bensin dan udara itu bisa terbakar lebih dulu karena tekanan tinggi. Semakin rendah bilangan oktan berarti campuran bensin dan udara bisa terbakar lebih cepat (tanpa busi), sedangkan bilangan oktan tinggi artinya campuran itu akan terbakar pada tekanan yang lebih tinggi.

Semakin tinggi angka RON atau Oktan, maka kinerja mesin akan menjadi lebih baik lagi. Dan polusi tentunnya atau hasil buangan dari kendaraan, akan menjadi lebih sedikit.

Tetapi sebelum kamu menggunakan BBM dengan angka RON yang tinggi, berharap kinerja kendaraan Anda lebih baik. Sebaiknya ditentukan terlebih dahulu spesifikasi mesin yang ada pada kendaraan.

Karena jika mesin biasa menggunakan spesifikasi RON rendah, jangan di isi dengan angka RON yang tinggi. Karena kinerja yang diharapkan akan sebaliknya, tidak maksimal karena tidak sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, bahan bakar dengan kadar RON 88 atau premium hanya dikonsumsi untuk kendaraan dengan rasio kompresi 9 ke bawah. Pertalite yang memiliki RON 90 untuk kendaraan berasio kompresi 9-10.

Di atas itu, untuk 10-11 cocok memakai RON 92. Sedangkan rasio kompresi 11-12 lebih pakai pakai RON 95.

 

Semoga Bermanfaat.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.