MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Tips Memilih BBM Yang Tepat

Tips Memilih BBM Yang Tepat

November 12, 2020 by BengkelSeal Team10
bgklsl17-1200x1200.png

Penggunaan BBM yang tepat membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal tersebut berdampak pada performa mesin sepeda motor jadi lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih irit dan umur mesin jadi lebih panjang. Karena itu, pemilik motor perlu memperhatikan jenis bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin motornya sebelum membeli.

  1. Ketahui Rasio Kompresi Mesin

Salah satu cara dalam memilih bahan bakar yang tepat adalah dengan melihat rasio kompresi mesinnya. Angka rasio kompresi mesin sepeda motor Honda dapat dilihat dalam Buku Pedoman Pemilik yang di dapat ketika membeli sepeda motor Honda. Semakin tinggi rasio kompresinya, maka dibutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi.

Rasio Kompresi Mesin adalah rasio antara volume silinder dan ruang bakar ketika piston berada di titik mati bawah dengan volume ruang bakar saat piston berada di titik mati atas. Misalnya, silinder dan ruang bakar dengan piston berada di titik mati bawah berisi 1000 cc udara. Ketika piston telah pindah ke titik mati atas, volume tersisa dalam kepala atau ruang bakar menjadi 100 cc, maka rasio kompresi akan proporsional digambarkan sebagai 1000:100, atau dengan pecahan pengurangan, rasio kompresi 10:1.

 

  1. Kenali Nilai RON BBM

Nilai oktan bahan bakar yang paling umum di seluruh dunia adalah nilai Research Octane Number (RON). Saat ini, tersedia pilihan bensin dengan nilai oktan terendah RON 88 hingga tertinggi RON 98.

Nilai oktan merupakan angka yang menunjukan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Semakin tinggi nilai RON semakin besar tenaga yang dapat dihasilkan demikian pula semakin tinggi rasio kompresinya semakin besar tenaga yang dapat dihasilkan, sehingga rasio kompresinya yang tinggi tentunya memerlukan nilai RON yang tinggi pula.

Semakin tinggi nilai oktan berarti semakin tinggi pula ketahanan terhadap tekanan. Atau dengan kata lain, dibutuhkan tekanan lebih tinggi dan waktu lebih lama dalam proses pembakaran. Berlaku sebaliknya dengan bahan bakar oktan lebih rendah.

 

  1. Efek Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Penggunaan bensin yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah seperti mesin mengelitik (knocking) dan penumpukan deposit sisa pembakaran yang tidak sempurna. Jika terjadi terus menerus, sangat berpotensi menimbulkan kerusakan pada komponen mesin.

Misalnya penggunaan bensin oktan tinggi pada mesin kompresi rendah. Bensin dengan oktan tinggi membutuhkan tekanan lebih tinggi dan proses pembakaran lebih lama. Sehingga mesin menjadi kesulitan membakar bensin dengan oktan yang lebih tinggi, akibatnya tenaga mesin akan kurang maksimal dan pastinya lebih boros dari sisi biaya .

Hal itu berlaku sebaliknya pada penggunaan bensin oktan rendah pada mesin berkompresi tinggi. Ada kemungkinan bensin akan terbakar sebelum busi memercikkan api. Hal inilah yang menimbulkan terjadinya knocking dan penumpukan deposit sisa pembakaran karena proses pembakaran tidak sempurna. Dengan kata lain, penggunaan bensin dengan oktan tinggi tak membuat kerja mesin jadi lebih baik jika tak sesuai dengan spesifikasi mesinnya. Selain masalah pemilihan bahan bakar, perawatan berkala juga perlu dilakukan untuk menjaga performa motor jadi tetap optimal.

 

Semoga Bermanfaat.


10 comments

  • gate.io

    May 26, 2023 at 11:49 pm

    I have read your article carefully and I agree with you very much. This has provided a great help for my thesis writing, and I will seriously improve it. However, I don’t know much about a certain place. Can you help me? https://www.gate.io/uk/signup/XwNAU

  • Sheila Mowat

    June 25, 2023 at 1:06 pm

    Only a smiling visitant here to share the love (:, btw great layout. “Individuals may form communities, but it is institutions alone that can create a nation.” by Benjamin Disraeli.

  • keoo01yu

    November 10, 2023 at 2:36 am

    Dear immortals, I need some wow gold inspiration to create.

  • LUCKY COLA

    November 21, 2023 at 5:19 am

    Gaming nirvana awaits – join the thrill-seekers’ paradise Lucky Cola

  • tlovertonet

    December 19, 2023 at 12:55 pm

    I like this post, enjoyed this one thank you for putting up. “Abortion is advocated only by persons who have themselves been born.” by Ronald Reagan.

  • tangtem168

    January 7, 2024 at 3:47 pm

    Thanks for another excellent post. Where else may anyone get that kind of information in such an ideal means of writing? I’ve a presentation next week, and I am at the search for such info.

  • GMB SEO

    February 28, 2024 at 6:13 am

    My brother suggested I would possibly like this web site. He was entirely right. This post actually made my day. You can not believe just how so much time I had spent for this info! Thanks!

  • hire a hacker for gmail

    March 26, 2024 at 4:05 am

    You can certainly see your expertise in the work you write. The world hopes for even more passionate writers like you who aren’t afraid to mention how they believe. Always follow your heart. “Billy Almon has all of his inlaw and outlaws here this afternoon.” by Jerry Coleman.

  • Lucky cola

    March 26, 2024 at 8:10 am

    Experience adrenaline-pumping action in every match. Lucky Cola

  • bulantogel

    March 28, 2024 at 11:23 am

    Thanks for this grand post, I am glad I found this site on yahoo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!