MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Perbedaan Ban Tubeless & Biasa (Tube)

Perbedaan Ban Tubeless & Biasa (Tube)

November 9, 2020 by BengkelSeal Team4
bgklseal38.png

Yuk Simak Perbedaannya!

Ban Tubeless lapisan dalam dilengkapi dengan fluid sealant. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang dikenal bernama ban dalam.

Ban merupakan salah satu komponen penting dari kendaraan. Mulai dari sepeda, sepeda motor hingga mobil harus mempertimbangkan pemilihan penggunaan jenis ban untuk mendapatkan hasil maksimal dalam berkendara.

Ketika ban yang terpasang pada kendaraan sudah mengalami kerusakan karena berbagai hantaman yang menimpanya, hal tersebut tentunya akan mengganggu kenyamanan berkendara. Maka memilih dan menggunakan ban harus tepat dan disesuaikan dengan berbagai kondisi.

Di dunia otomotif, secara umum ada dua jenis ban ban motor yang beredar dipasaran dan juga biasa dijadikan pilihan untuk digunakan pada kendaraan bermotor yaitu Ban Tubeless dan Ban Biasa (Tube).

Meski kedua jenis ban sering digunakan dan umum di pasaran. Namun, kedua jenis ban ini memiliki perbedaan dari karakteristiknya. Adapun beberapa karakteristik yang menjadi pembeda antara ban tubeless yaitu:

  1. Bentuk Ban Jenis ban tube atau ban biasa memiliki bentuk seperti persegi. Sedangkan ban tubeless memiliki bentuk yang lebih bulat. Perbedaan bentuk ini bisa dijadikan pertimbangan dalam menggunakannya yang disesuaikan dengan kebutuhan berkendara.
  2. Material Ban Material dasar kedua jenis ban tersebut memiliki bahan yang sama yaitu sama-sama terbuat dari bahan karet buatan atau karet sintetis. Hal yang membedakan hanya berada pada lapisan dalam ban. Pada ban tubeless lapisan dalam dilengkapi dengan fluid sealant. Sedangkan pada ban biasa, lapisan ini diganti dengan lapisan yang bernama ban dalam.
  3. Karakter dan Harga Ban Dari segi karakter, ban tubeless lebih kuat dan kokoh dalam berbagai kondisi jalan. Sedangkan ban biasa, memiliki performa yang cukup baik untuk meredam getaran di jalan. Jika dilihat dari segi harga, ban biasa lebih murah dibandingkan dengan ban tubeless.
  4. Ketahanan Ban Selain dari karakter ban, ketahanan kedua jenis ban ini juga berbeda. Bila dilihat dari jangka waktu penggunaannya, ban tubeless bisa bertahan sampai 1,5 tahun selama ban tidak mengalami kebocoran. Tahan akan kebocoran yang dimiliki ban tubeless di dapat dari komponen lapisan dalam ban yaitu fluid sealant. Sedangkan ban biasa memiliki tingkat kebocoran yang relatif besar sehingga mempercepat proses pergantian ban.

Perbedaan-perbedaan tersebut bisa dijadikan pertimbangan dalam memilihnya untuk kendaraan Anda. Pemilihan penggunaan tentunya didasarkan pada kebutuhan berkendara mulai dari jenis medan hingga jenis kendaraan yang digunakan.

Semoga Bermanfaat.


4 comments

  • Binary option

    November 6, 2022 at 6:39 am

    I’m really enjoying the design and layout of your
    site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for
    me to come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?
    Excellent work!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2022. All rights reserved.