MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

Sifat-Sifat Mekanik

Sifat-Sifat Mekanik

October 22, 2020 by BengkelSeal Team7
mekanik.jpg

Sifat wajib suatu Material (tentunya juga komponen yang terbuat dari bahan tsb) untuk menerima beban / gaya / energi tanpa menimbulkan kerusakan pada bahan / komponen tsb. Seringkali bila suatu benda mempunyai sifat mekanik yang baik tetapi kurang baik pada sifat yang lain maka diambil langkah untuk mengatasi kekurangan tersebut dengan berbagai cara. Misalnya saja baja, baja mempunyai sifat mekanik yang cukup baik (memenuhi syarat untuk pemakaian), tetapi mempunyai sifat tahan korosi yang kurang baik, maka tercakup sifat tahan korosinya dengan pengecatan atau Ilmu Material Teknik Mesin  galvanizing dan lainnya, jadi tidak harus mencari bahan lain yang selain kuat juga tahan korosi. Beberapa sifat mekanik yang penting antara lain:

1. Kekuatan menyatakan kemampuan bahan untuk menerima tegangan tanpa menyebabkan bahan menjadi patah. Kekuatan ini ada beberapa macam, tergantung pada jenis beban yang bekerja, yaitu kekuatan tarik, kekuatan geser kekuatan tekan dan kekuatan lengkung.

2. Kekerasan (hardness) dapat didefinisikan sebagai kemampuan bahan untuk tahan terhadap penggoresan, pengikisan (abrasi), indentasi atau penetrasi. Sifat ini berkaitan dengan sifat tahan aus (ketahanan aus). Kekerasan juga mempunyai tampilan dengan kekuatan.

3. Kekenyalan (elastisitas) laporan kemampuan bahan untuk menerima beban akibat terjadinya perubahan bentuk yang permanen setelah tegangan dihilangkan. Bila suatu benda mengalami tegangan maka akan terjadi perubahan bentuk. Bila tegangan bekerja sangat besar tidak melewati batas tertentu maka perubahan bentuk yang terjadi hanya bersifat sementara, perubahan bentuk itu akan hilang bersama dengan tegangan tegangan, tetapi bila tegangan yang bekerja melebihi batas tersebut maka sebagian dari perubahan bentuk itu tetap ada walaupun tegangan telah dihilangkan . Kekenyalan juga terjadi karena perubahan bentuk apapun yang dapat terjadi sebelum perubahan bentuk yang permanen mulai terjadi,

4. Kekakuan (stiffness) pernyataan kemampuan bahan menerima tegangan atau beban tanpa kejadian perubahan bentuk (deformasi) atau defleksi. Dalam beberapa hal kekakuan ini lebih penting dari pada kekuatan.

5. Plastisitas (plastisitas), penerapan kemampuan bahan untuk mengalami sejumlah deformasi plastik (yang permanen) tanpa mengakibatkan fatah. Sifat ini sangat diperlukan bagi bahan yang akan ditempatkan dengan berbagai proses pembenlukan seperti forging, rolling, extruding dan lainya. Sifat ini sering juga disebut sebagai keuletan (keuletan). Bahan yang mampu Ilmu Material Teknik. MESIN mengalami deformasi plastik cukup banyak dikatakan sebagai bahan yang mempunyai keuletan tinggi, bahan yang ulet (ulet). Sedang bahan yang tidak menunjukkan kejadian deformasi plastik dikatakan sebagai bahan yang mempunyai keuletan rendah atau getas (rapuh).

6. Ketangguhan (ketangguhan) laporan kemampuan bahan untuk menyerap energi tanpa menyebabkan kerusakan. Juga dapat dikatakan sebagai ukuran banyaknya energi yang diperlukan untuk mematahkan suatu benda kerja pada suatu kondisi tertentu. Sifat ini dibangun oleh banyak faktor, sehingga sifat ini sulit diukur.

7. Kelelahan (fatique) merupakan kecenderungan pada logam untuk patah bila menerima tegangan berulang-ulang (tegangan siklik) yang jumlahnya masih jauh di bawah batas kekuatan elastiknya. Sebagian besar kerusakan yang terjadi pada komponen mesin yang disebabkan oleh luka. Karenanya panasnya suatu sifat yang sangat penting, tetapi sifat ini juga sulit karena sangat banyak faktor yang mempengaruhinya.

8. Merangkak (creep) merupakan kecendrungan suatu logam untuk meng-alami deformasi plastik yang merupakan fungsi waktu, pada saat bahan tadi menerima beban yang besar relatif tetap. Berbagai sifat mekanik di atas juga dapat dibedakan menurut cara pembebanannya, yaitu sifat mekanik statis, sifat terhadap beban statik, yang sangat besar atau berubah dengan lambat, dan sifat mekanik dinamik, sifat mekanik terhadap beban yang berubah-ubah atau mengejut. Ini perlu dibedakan karena tingkah laku bahan yang berbeda terhadap cara pembebanan yang berbeda.


7 comments

  • sites.google.com

    August 25, 2021 at 3:54 am

    Wow! This blog looks exactly like my old one! It’s on a
    completely different topic but it has pretty much the same page layout
    and design. Excellent choice of colors!

  • jwda lamp black

    August 30, 2021 at 5:24 am

    Superb post however I was wondering if you could write a litte
    more on this subject? I’d be very grateful if you could elaborate a little bit further.
    Many thanks!

  • lampe gras chrome

    September 1, 2021 at 10:59 am

    Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The overall look of your website is fantastic, let alone
    the content!

  • sites.google.com

    September 1, 2021 at 10:53 pm

    Hello mates, how is all, and what you want to say about
    this article, in my view its genuinely remarkable designed for me.

  • sites.google.com

    September 2, 2021 at 2:25 am

    Greetings! Quick question that’s completely off topic.
    Do you know how to make your site mobile friendly?

    My website looks weird when browsing from my iphone.
    I’m trying to find a template or plugin that might be able to fix
    this issue. If you have any recommendations, please share.
    Thank you!

  • serge mouille usato

    September 2, 2021 at 1:57 pm

    A fascinating discussion is worth comment.
    I do think that you need to publish more on this subject, it may not be a taboo matter but
    generally people don’t talk about these subjects. To
    the next! Cheers!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.