MON-FRI8AM - 4PMCALL US081231133033

APA ITU TEKNIK MESIN?

APA ITU TEKNIK MESIN?

October 22, 2020 by BengkelSeal Team0
2teknikmesin.jpg
Mari Simak Artikel Berikut !!!

Teknik mesin adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak awal dengan penggerak-penggerak, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu. Dalam hal penggerak-penggerak awal ini, teknik mesin mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis.

Hal lain yang diamati dalam teknik mesin adalah sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, momen, atau puntiran. Sifat bahan penting untuk mempelajari karena dalam mendesain suatu barang, kita harus menentukan dulu kegunaan dari barang tersebut dan gaya-gaya apa saja yang akan diterapkan pada barang tersebut. Dalam teknik mesin juga mengubah untuk sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan, yaitu dengan perlakuan panas atau unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam.

Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Hal ini salah, tetapi kurang tepat. Karena dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif, kamu perlu masuk ke kursus-kursus otomotif. Bahkan, jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif, maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam memperbaiki mesin-mesin otomotif.

Jadi, teknik mesin mengajar lebih dari itu. Akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin, yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya), jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan masalah. Hal yang mempelajari teknik mesin tidak hanya terpusat pada mesin otomotif, sedangkan mekanik otomotif Teknik mesin adalah ilmu yang mempelajari energi dan sumber energinya. Hal-hal yang dipelajari dalam teknik mesin banyak awal dengan penggerak-penggerak, seperti turbin uap, motor bakar, mesin-mesin perkakas, pompa dan kompresor, pendingin dan pemanas, dan alat-alat kimia tertentu.

Dalam hal penggerak-penggerak awal ini, teknik mesin mengajarkan cara penggunaan yang efisien dan ekonomis. Hal lain yang diamati dalam teknik mesin adalah sifat fisis dan fenomena yang terjadi pada suatu bahan. Hal ini termasuk sifat bahan dalam menyangga tarikan, tekanan, momen, atau puntiran. Sifat bahan penting untuk mempelajari karena dalam mendesain suatu barang, kita harus menentukan dulu kegunaan dari barang tersebut dan gaya-gaya apa saja yang akan diterapkan pada barang tersebut. Dalam teknik mesin juga mengubah untuk sifat fisis suatu bahan jika didapati tidak ada bahan yang memenuhi persyaratan, yaitu dengan perlakuan panas atau unsur-unsur tertentu di dalam bahan yang tersedia di alam.

Banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang masuk kuliah di teknik mesin akan mendapatkan ilmu tentang mesin-mesin otomotif. Hal ini bukan salah, tetapi kurang tepat. Karena dapat memiliki kemampuan memperbaiki mesin-mesin otomotif, kamu perlu masuk ke kursus-kursus otomotif. Bahkan, jika seseorang mengambil STM dan mengambil spesialis otomotif, maka orang tersebut sudah memiliki kemampuan yang cukup dalam memperbaiki mesin-mesin otomotif. Jadi, teknik mesin mengajar lebih dari itu. Akan tetapi ada perbedaan antara kursus-kursus dengan teknik mesin, yaitu dilihat dari asas belajarnya (tentang pembangkitan tenaga dan pemakaiannya), jelaslah bahwa seseorang yang mengambil kuliah di teknik mesin akan lebih banyak mempergunakan logika dalam memecahkan masalah.

Semoga Bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published.


Copyright by BENGKELSEAL 2020. All rights reserved.