BengkelSeal

ARTIKEL

Pengertian Bearing Beserta Jenisnya

Bearing adalah suatu komponen yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada machine atau komponen-komponen yang bergerak dan saling menekan antara satu dengan yang lainnya. Bila gerakan dua permukaan yang saling berhubungan terhambat, maka akan menimbulkan panas. Hambatan ini dikenal sebagai gesekan (friction). Gesekan yang terus menerus akan menyebabkan panas yang makin lama semakin meningkat ..
selengkapnya...

Macam - macam Mesin Bubut

BengkelSeal, Mesin Bubut merupakan mesin yang terbuat dari bahan logam yang berfungsi untuk membentuk benda kerja dengan cara menyayat dengan berputar sebagai gerakan utamanya. Sedangkan Proses Bubut adalah proses pemakanan benda kerja dimana sayatan yang dihasilkan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari ..
selengkapnya...

Apa itu Kopling? Berikut Penjelasannya

Clutch atau yang dikenal dengan sebutan Kopling ini merupakan peralatan transmisi yang berfungsi menghubungkan poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Selain sebagai penghubung, Kopling juga berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin ke transmisi. Kemudian transmisi mengubah kecepatan sesuai dengan yang diinginkan. Jenis kopling pun beragam diantaranya kopling gesek, kopling fluida, kopling ..
selengkapnya...

Pembahasan Mengenai Mesin Diesel Kapal

BengkelSeal, Mesin Diesel kapal ( Marine engine ) mempunyai perbedaan dengan Mesin Diesel yang dipakai didaratan ( konvensional ). Prinsip kerja mesin diesel baik di darat maupun di kapal - kapal sama saja, tak ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan letak perbedaannya, antara lain ada pada : 1. Material Mesin Diesel KapalMaterial mesin diesel kapal ( Marine engine ) dibuat lebih tangguh dari ..
selengkapnya...

Beragam Fungsi Membran Karet ( Rubber Membrane )

Membran Karet ( Rubber Membrane ) memiliki fungsi utama yakni sebagai penerus tekanan yang terjadi pada salah satu ruang ke ruang yang lain dan selanjutnya diaplikasikan sebagai valve, actuator, blower, dll. Fungsi Karet Membran dalam Sistem Valve   Dalam hal ini, karet membran berfungsi sebagai penghambat aliran fluida dalam valve. Semakin ditekan maka membran akan mempersempit ..
selengkapnya...

Macam - macam Ring Pegas dan Fungsinya

Fungsi Ring Pegas Ring Pegas atau yang dikenal dengan Cincin Pegas berfungsi untuk menjamin pada pemasangan poros dan bantalan pada blok mesin. Selain itu,  Ring Pegas juga dapat menahan kebocoran saat kompresi atau ekspansi suatu motor bensin ataupun diesel. Sebagai alat penjamin, Ring Pegas harus dapat menerima gaya aksial yang ditimbulkan oleh poros dan bantalan tersebut. Ring Pegas ..
selengkapnya...


Awal Kembali 123... 4 Lanjut Akhir