BengkelSeal

Daftar Perlengkapan Mesin Bubut Standar

Setelah membahas mengenai bagian - bagian utama pada artikel sebelumnya. Pada kali ini, akan membahas perlengkapan mesin bubut apa saja yang dibutuhkan untuk membantu proses pembubutan secara baik. Untuk itu, simak penjelasannya berikut!

Perlengkapan Mesin Bubut Standar

1. Alat Pembawa

Alat pembawa tersebut diantaranya adalah pembawa (lathe doc) dan plat pembawa. Untuk pelat pembawa, terdapat dua jenis, yaitu pelat pembawa permukaan bertangkai (driving plate) serta pelat pembawa permukaan rata (face plate). Bentuk yang dimiliki pelat pembawa adalah bulat dan pipih. Tugas dari pelat pembawa ini adalah untuk memutar pembawa (lathe doc) sehingga benda kerja yang terikat akan ikut berputar bersama spindel mesin.

Sedangkan untuk jenis face plate, selain digunakan sebagai pembawa (lathe doc), alat ini juga digunakan untuk mengikat benda kerja yang memerlukan pengikatan dengan cara khusus. Pembawa (lathe doc) pada mesin bubut secara garis besar terdapat 2 jenis, yaitu pembawa berujung lurus dan pembawa berujung bengkok. Fungsi alat ini untuk membawa benda kerja agar ikut berputar bersama spindel mesin.

2. Alat Pengikat (Cekam)

Cekam merupakan salah satu perlengkapan mesin bubut sangat penting selalu digunakan yang fungsinya adalah sebagai menjepit atau mengikat benda kerja pada proses pembubutan . Alat cekam dilihat dari pergerakan rahangnya di bedakan menjadi dua jenis yaitu independent chuck atau cekam tidak sepusat dan self centering chuck atau cekam sepusat .

  • Cekam Sepusat

adalah pergerakan rahang cekam apabila salah satu rahang digerakkan maka rahang yang lain bergerak bersamaan menuju atau menjauh ke arah satu titik sumbu dan biasanya dipergunakan untuk mencekam benda kerja yang berbentuk sudah silindris.Rahang cekam sepusat ini biasanya berjumlah,3 jaw chuck,4 jaw chuck,dan 6 jaw chuck

  • Cekam Tidak Sepusat Atau Independent 

adalah cekam yang pergerakan antar rahangnya harus digerakkan satu persatu untuk mencapai sumbu tertentu yang diinginkan,biasanya dipergunakan untuk membubut benda kerja yang tidak silindris juga tidak beraturan untuk mempermudan menyetel ke centerannya,dan bisa juga dipergunakan untuk benda kerja dengan pengerjaan bubut eksentrik atau sumbu centernya tidak sepusat.cekam independent ini biasanya memiliki rahang 4 buah.

3. Alat Penahan / Penyangga

adalah salah satu alat pada mesin bubut yang digunakan untuk menahan benda kerja yang memilki ukuran relatif panjang. Benda kerja yang berukuran panjang, apabila dilakukan proses pembubutan bila tidak dibantu penyangga, kemungkinan diameternya akan menjadi elips/oval, tidak silindris dan tidak rata karena terjadi getaran akibat lenturan benda kerja. Penyangga pada mesin bubut ada dua macam yaitu, penyangga tetap (steady rest) dan penyangga jalan (follower rest).

4. Senter

Senter terbuat dari baja yang dikeraskan dan digunakan untuk mendukung benda kerja yang akan dibubut. Ada dua jenis senter yaitu senter tetap/ mati (senter yang posisi ujung senternya diam tidak berputar pada saat digunakan) dan senter putar (senter yang posisi ujung senternya selalu berputar pada saat digunakan. Kedua jenis senter ini ujung pada bagian tirusnya memiliki sudut 60, dan bila digunakan pemasangannya pada ujung kepala lepas.

5. Cekam Kolet

Cekam kolet atau Collet chuck dipergunakan untuk mencekam benda kerja berbentuk permukaan relatif kecil dan sangat halus, pada perlengkapan mesin bubut standart collet chuck dibagi menjadi tiga yaitu collet, rumah collet/collet adapter dan batang penarik / draw bar .Menurut bentuk lubang collet dibedakan menjadi : collet lubang bulat,lubang segi empat dan collet lubang segi enam.