BengkelSeal

Bagian - Bagian Mesin Bubut Beserta Fungsinya

Setelah membahas pengertian mesin bubut dan jenisnya, pada kali ini Bengkelseal akan membahas salah satu jenis mesin bubut tersebut, yakni mesin bubut standar. Simak penjelasannya.

Daftar Bagian Mesin Bubut

Secara umum, sebuah mesin bubut terdiri dari empat bagian utama, yaitu kepala tetap, kepala lepas, eretan dan alas mesin. Keempat bagian utama mesin bubut tersebut dapat dilihat pada gambar berikut:
 
Kepala Tetap

Kepala tetap adalah bagian utama dari mesin bubut yang digunakan untuk menyangga poros utama, yaitu poros yang digunakan untuk menggerakan spindel. Dimana di dalam spindel tersebut dipasang alat untuk menjepit benda kerja. Spindel ini merupakan bagian terpenting dari sebuah kepala tetap. Selain itu, poros yang terdapat pada kepala tetap ini digunakan sebagai dudukan roda gigii untuk mengatur kecepatan putaran yang diinginkan. Dengan demikian, dalam kepala tetap terdapat sejumlah rangkaian roda gigi transmisi yang meneruskan putaran motor menjadi putaran spindel.
 
Kepala Lepas
Lathe Tailstock | eBay
 
 
Kepala lepas adalah bagian dari mesin bubut yang letaknya di sebelah kanan dan dipasang di atas alas atau meja mesin. Bagian ini berguna untuk tempat untuk pemasangan senter yang digunakan sebagai penumpu ujung benda kerja dan sebagai tempat/dudukan penjepit mata bor pada saat melakukan pengeboran. Kepala lepas ini dapat digerakkan atau digeser sepanjang alas/meja mesin, dan dikencangkan dengan perantara mur dan baut atau dengan tuas pengencang. Selain digeser sepanjang alas atau meja mesin, kepala lepas juga dapat digerakan maju mundur (arah melintang), yakni untuk keperluan pembubutan benda yang
konis.
 
Alas Mesin
Alas mesin adalah bagian dari mesin bubut yang berfungsi sebagai pendukung eretan
(support) dan kepala lepas, serta sebagai lintasan eretan dan kepala lepas. Alas mesin ini
memiliki permukaan yang rata dan halus. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung
kesempurnaan pekerjaan membubut (kelurusan).
 
Eretan (carriage)
 
Hasil gambar untuk bagian bagian eretan pada mesin bubut
 
Eretan adalah bagian mesin bubut yang berfungsi sebagai penghantar pahat bubut sepanjang
alas mesin. Eretan terdiri dari tiga jenis, yaitu:
  • eretan bawah / alas yang berjalan sepanajng alas mesin,
  • eretan lintang yang bergerak tegak lurus terhadap alas mesin, dan
  • eretan atas