BengkelSeal

Cara Memperbaiki Oil Seal Yang Benar

Kerusakan yang terjadi pada Oil seal adalah rembes atau bocor, rusaknya sil oli kebanyakan dikarenakan umur pakai. Nah ada juga penyakit yang sering terjadi pada motor atau mobil lawas yang sudah dimakan usia yaitu seal oil sering bocor. Setiap diganti tak bertahan lama dan sering sekali rusak. Nah sebetulnya apa yang menyebabkan oil seal bocor. Berikut penyebab dan cara memperbaiki Oil seal yang benar.

Oil Terlalu Banyak ( melebihi kapasitas )

Penggunaan oli yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan oil seal sering bocor. Oleh karena itu, ketika melakukan penggantian oli, perhatikan jumlah kapasitas oli yang dipakai baik itu pada mesin oli, gardan, shock breaker, transmisi, dan lainnya.

As Sudah Mengalami Keausan

As yang keausan atau longgar juga akan membuat Oil seal akan berkurang saat mencengkram sehingga akan sering sekali terjadinya kebocoran. Contohnya pada as stut kopling, as transmisi sepeda motor, as slah motor, dan lainnya.

Jika pada mobil biasa terjadi pada sok pinion gardan aus dan banyak lagi. Untuk memperbaikinya, tentu harus mengganti komponen yng aus atau mengelas dan membubut bagian yang aus tersebut. Alternatif lain bisa juga lakukan pemotongan pada pegas atau per Oil seal agar lebih mencengkram.

Pemasangan Oil Seal yang Kurang Benar

Pada saat memasang seal oli tersebut haruslah rata dan tidak boleh ada kemiringan sedikitpun. Untuk menghindari rembes, gunakan sealer atau lem dan ketika memasukkan seal ke lobang dudukan dianjurkan jangan sampai penyok. Apabila terjadi penyok, maka lingkaran sil pun akan berubah.