BengkelSeal

Pengertian V-Ring Seal

V-Ring Seal

Apa Itu V-Ring?

V-Ring merupakan jenis segel karet yang memiliki fungsi utama untuk mengecualikan kotoran dan kontaminan lainnya yang dibuat dalam satu bagian yang diregangkan pada gandar atau poros. Selama proses rotasi, gaya sentrifugal yang ada menghilangkan bagian dari perangkat tersebut sehingga mencegah kontak dengan permukaan yang dilindungi.

V-Ring bertindak sebagai gaya sentrifugal dengan bekerja melawan permukaan sumber fluida atau perbedaan tekanan. V-Ring membuang kotoran dan kontaminan sehingga menghindari penyegelan utama. V-Ring juga memberikan perlindungan efektif terhadap kehilangan dan perawatan, mengurangi keausan dan meningkatkan masa pakai retainer dan bantalan serta dapat bekerja dengan baik dalam aplikasi yang berjalan kering.

Dimanakah Kita Dapat Menemukan V-Ring?

V-Ring dirancang untuk digunakan dalam aplikasi beban aksial dan radial seperti yang ditemukan pada mesin pertanian dan otomotif, pabrik industri baik ringan maupun berat, pompa, dan sejumlah aplikasi teknik lainnya. V-Ring juga dapat digunakan dalam peralatan mesin, peralatan rumah tangga, motor listrik, sakelar, mobil, dan lain sebagainya...

Bagaimana V-Ring Dipasang?

 

Instalasi V-Ring

 

 

V-Ring dipasang langsung pada poros dikarenakan seluruhnya terbuat dari bahan karet, juga mudah dipasang karena cukup elastis untuk direntangkan di atas flensa dan rakitan lain yang menghindari perlunya pembongkaran. Fitur lip panjang dan fleksibel yang bertindak seperti segel wajah mekanis atau peluncur aksial dan memiliki gesekan rendah. Permukaan muka dapat berupa dinding samping bantalan atau mesin cuci, injakan, rumah bantalan, atau bahkan kotak logam dari segel minyak.

 

Instalasi V-Ring dengan Alat

 

Bagaimana Cara Kerja V-Ring?

Cincin-V adalah segel karet fleksibel yang bekerja dengan meregangkan dan mematahkan pada satu poros dan kemudian berputar dengan poros terhadap wajah yang berlawanan. V-Ring dirancang untuk memberikan aksi penyegelan otomatis pada bibir. V-Ring menyediakan segel sekunder karena tekanan yang bekerja pada cincin platform menyebarkan bibirnya, sehingga meningkatkan area segel.

 

V-Ring Digunakan sebagai Excluder

 

V-Ring terdiri dari badan perapat, segel bibir yang fleksibel, berbentuk kerucut, dan "engsel" integral dan fleksibel. Ini direntangkan dan dipasang langsung pada poros, di mana ditahan di tempat oleh ketegangan yang melekat dari tubuh segel. Berputar dengan poros dan segel secara aksial terhadap permukaan stasioner.


V-Ring Digunakan sebagai Segel Sekunder

 

 

V-Ring terdiri dari bagian-bagian berikut:
A. tubuh
B. bibir
C. engselnya

 

V-Rings dalam Labyrinth Seal

 

 

Lip V-Ring bergerak melawan permukaan poros pada sudut kanan, ditekan ke bantalan atau rumah sementara segel sisi gandar disediakan oleh badan cincin yang ditahan di tempatnya oleh cengkeramannya yang kuat di sekitar poros.

Permukaan muka dapat berupa permukaan ujung dari bantalan, mesin cuci, injakan, rumah bantalan atau bahkan rumah logam dari segel poros radial.

 

Saling Menentang V-Ring

 

Lip penyegelan fleksibel memberikan tekanan kontak terhadap permukaan yang relatif rendah tetapi cukup untuk mempertahankan fungsi penyegelan. Tekanan kontak ringan memungkinkan seal untuk mengering dalam beberapa aplikasi kecepatan rendah, menghasilkan torsi yang diabaikan atau penumpukan panas. Tekanan kontak bervariasi dengan lebar yang disesuaikan

V-Rings biasanya murah dan memberikan tingkat ketahanan yang tinggi. Mereka dapat mentoleransi ketidakselarasan poros dan poros yang rusak dengan benar, dan bekerja untuk menangkis minyak hidrokarbon, gemuk, cair, pasir, dan pasir.