BengkelSeal

Pengolahan dan Fungsi Sil Karet (Rubber Seal)

BengkelSeal, Seal karet ini memang mempunyai fungsi yang cukup beragam dan tidak bisa dipisahkan kehadirannya dari kehidupan. Seal karet / rubber seal merupakan salah satu bagian atau perlengkapan yang sangat dibutuhkan dalam industri, termasuk untuk kebutuhan di rumah tangga. 

Pembuatan dan Pengolahan Seal Karet

Ada beberapa hal yang lain yang harus dipahami dalam masalah aplikasi dari rubber seal / karet seal ini, yaitu dalam hal pemilihan jenis atau bahan baku untuk seal karet sehingga dihasilkan seal karet / Rubber seal bermutu baik yang penggunaannya bisa optimal dan berguna seefektif mungkin.

Beberapa hal berikut biasa dipakai dalam penentuan jenis bahan baku mana yang akan dipakai untuk memproduksi seal karet / rubber seal:

  • Fungsi dan ketahanan pada penggunaan karet seal 
  • Kondisi panas atau suhu lingkungan pada saat seal karet digunakan
  • Besarnya tekanan yang timbul pada saat proses berjalan
  • Jenis bahan baku yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan kondisi dan suasana saat mesin yang memakai seal karet dioperasikan. Perlu diketahui jenis cairan atau gas yang akan melewati sistem supaya bahan seal karet yang dipakai akan memiliki ketahanan terhadap bahan kimia tertentu, ketahanan terhadap gesekan dan lain-lain.

Dalam proses pembuatannya, tentu tidak bisa sembarangan. Seal ini bisa dibuat dari bahan dasar karet, baik karet alami maupun karet sintetis. Tak hanya itu, cara kerja pun harus dilakukan dengan benar oleh tenaga yang memang ahli di bidangnya.
 

Fungsi Rubber Seal di Kehidupan Sehari-hari

Fungsi dasar dari seal ini adalah untuk mencegah terjadinya kebocoran pada mesin-mesin atau alat-alat tertentu. Beberapa alat yang dipasangkan tambahan seal ini adalah seperti sambungan valve, kran air, pada beberapa bagian sparepart alat otomotif, hingga bidang konstruksi.

Selain itu, seal karet pun mempunyai jenis yang beragam. Pembagian jenis ini didasarkan pada fungsi dan kebutuhannya. Beberapa jenisnya seperti Gasket yang digunakan pada benda pasif atau tidak bergerak, O-ring yang bertekstur lunak dengan bentuk lingkaran bisa ditemukan pada celah tabung gas, Lip seal yang biasanya digunakan pada alat pengakut berat, duo cone seal yang akan ditemukan pada peranti motor untuk mencegah kebocoran oli motor.

Demikian pembahasan mengenai seal karet ini yang dimulai dari cara pembuatan dan pengolahannya hingga fungsi seal karet di kehidupan sehari-hari. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai rubber seal / seal karet baik dalam masalah komponen karet ataupun dalam masalah kesanggupan untuk memproduksinya silahkan menghubungi kami.