BengkelSeal

Pengertian Radial Lip Seal Beserta Fungsi dan Jenisnya

BengkelSeal - Radial Lip Seal biasa disebut juga oil seal adalah jenis dynamic seal yang banyak digunakan pada kontruksi alat berat dan biasanya digunakan sebagai penyekat untuk pelumas pada sistem yang memiliki shaft berputar serta untuk mencegah kebocoran pada perputaran shaft dan dibuat dengan bermacam bentuk dan ukuran disesuaikan dengan aplikasi pemasangannya.

Jenis Lip Seal

Untuk macam-macam lip seal anda bisa lihat berikut ini.

1. Single Lip Seal  :

Hasil gambar untuk single lip seal

Lip tidak menggunakan sping loaded, digunakan untuk sealing cairan kental seperti grease pada shaft dengan kecepatan lambat.

 
2. Single Lip Spring Loaded  :
 
Hasil gambar untuk single lip spring loaded
 
Spring loaded membantu kerapatan lip, digunakan untuk sealing cairan dengan viskositas yang rendah pada shaft, kecepatan putar tinggi dan pada lingkungan kerja yang tidak berdebu.
 

3. Double Lip

Hasil gambar untuk double lip

Lip seal menghadap berlawanan arah dengan tambahan spring loaded pada salah satu sisinya. Digunakan sebagai sealing pada lip yang dilengkapi dengan spring loaded sedang pada satu sisi yang tidak ada spring loaded berfungsi sebagai sealing untuk debu dan partikel lainnya.

4. Dual Lip  :

Hasil gambar untuk gambar dual lip seal

Lip seal menghadap berlawanan arah dengan tambahan spring loaded pada kedua sisinya. Digunakan sebagai sealing terhadap pelumas kental pada satu sisinya dan sebagai sealing terhadap cairan lain pada salah satu sisi lainnya.

Demikian pembahasan mengenai fungsi dan macam - macam dari Radial Lip Seal ini. Semoga Bermanfaat.